Logo Saibumi

Kamis Sore, Rupiah Melemah Rp13.842
Nilai Tukar Rupiah

Kamis Sore, Rupiah Melemah Rp13.842

Ilustrasi | Ist

Saibumi.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah di pasar spot antarbank Jakarta Kamis sore bergerak melemah sebesar 62 poin menjadi 13.842 per dollar AS dibandingkan posisi sebelumnya 13.780 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova mengatakan dollar AS bergerak menguat terhadap sejumlah mata uang global, termasuk rupiah mengingat semakin dekatnya rencana bank sentral Amerika Serikat (the Fed) untuk menaikan suku bunga acuannya.

"Pidato gubernur bank sentral AS Janet Yellen yang cukup percaya diri terhadap laju perekonomian AS, mendongkrak harapan kenaikan suku bunga AS pada pertengahan Desember ini. Situasi itu dimanfaatkan sebagian pelaku pasar untuk masuk ke aset mata uang dollar AS," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, aksi pelaku pasar uang itu karena imbal hasil investasi seperti surat utang atau obligasi di Amerika Serikat akan naik setelah the Fed merealisasikan kenaikan suku bunganya.

"Pelaku pasar memanfaatkan momentum itu dengan harapan meraih imbal hasil lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Meski imbal hasil di negara berkembang masih lebih baik, namun risikonya juga tinggi. Sementara di AS risikonya cukup rendah," katanya.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan bahwa pernyataan Janet Yellen yang akan menaikan suku bunga acuan AS itu kembali mendongkrak dollar AS setelah sempat tertekan akibat data manufakturnya mengalami konstraksi.

Di sisi lain, lanjut dia, spekulasi pasar terhadap bank sentral Eropa (ECB) yang akan memperbesar stimulus keuangannya juga menambah beban bagi mata uang euro dan mata uang di kawasan Asia, termasuk rupiah.

Menurut Kurs Tengah Bank Indonesia rupiah hari ini berada pada 13.845 per dollar AS dibandingkan hari sebelumnya (2/12) 13.757 per dollar AS. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong