Logo Saibumi

Sisi Lain Bali, Kecantikan Bali Tidak Cuma di Bagian Selatan

Sisi Lain Bali, Kecantikan Bali Tidak Cuma di Bagian Selatan

Sisi Lain Bali, Kecantikan Bali Tidak Cuma di Bagian Selatan | ist

Saibumi.com- Kecantikan Bali tidak hanya ada di bagian selatannya saja. Di bagian barat, utara dan timurnya pun menyimpan destinasi-destinasi eksotis yang belum banyak diketahui traveler.

"Begini, Bali harus bersyukur karena punya potensi dan karakter destinasi wisata yang berbeda-beda. Di selatan ada deretan pantai, di barat tempat diving dan di utara itu ada gunung-gunung, danau serta perkebunan," ujar Cok Ace, Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Bali kepada detikTravel, Kamis, 26 November 2015.

BACA JUGA: Arie Tour Hadirkan Paket Wisata Negeri Para Nabi

Menurut Cok Ace, khusus kawasan selatan sudah begitu tersohor sampai-sampai penuh sesak oleh turis. Maka dari itu, kawasan barat dan utara Bali sebenarnya tidak kalah cantik dari bagian selatannya saja.

"Buleleng di barat Bali itu, masyarakatnya sudah sadar akan budidaya terumbu karang. Itu destinasi yang sangat menarik untuk turis, karena bisa belajar dari masyarakatnya dan menyelam melihat keindahan terumbu karangnya," terang Cok Ace.

Kawasan Singaraja di Bali bagian utara, lebih cocok bagi turis yang menginginkan suasana tenang dan sejuk. Daratannya lebih tinggi, banyak pepohonan dan kultur masyarakat Balinya amat terasa.

"Kalau ke Singaraja (berangkat dari selatan Bali) itu setiap setengah jam pasti berhenti. Karena nanti lewat Mengwi akan melihat pura, terus Bedugul dan lain-lain," tuturnya.

Tapi sayang, menurut Cok Ace, kawasan utara, timur dan barat Bali belum terekspos maksimal. Pemerintah-pemerintah daerahnya, belum jor-joran mempromosikan potensi-potensi wisata di wilayahnya.

Padahal, baik penginapan atau rumah makan di kawasan tersebut sudah tersedia untuk turis. Soal penginapan, mungkin sedikit berbeda dari Bali di bagian selatan, sebab kebanyakan di bagian utara dan barat kebanyakan tipenya resor.

"Saya kira, penting adanya koordinasi atau blueprint Bali secara menyeluruh agar Bali tidak parsial dan (tiap wilayahnya) tidak saling menduplikat. Aksesbilitas juga harus diperhatikan, jalanan ke Bali bagian utara misalnya, masih sempit dan kecil yang menyulitkan bus besar yang membawa turis tidak muat," tutup Cok Ace.(*)

BACA JUGA: Liburan Akhir Tahun Mahal? Ini Tips Pilih Waktu yang Tepat

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong