Logo Saibumi

Alasan Harus Liburan ke Misool di Raja Ampat Sebelum Mati

Alasan Harus Liburan ke Misool di Raja Ampat Sebelum Mati

Saibumi.com- Keindahan Raja Ampat bukan sekadar pulau karst di Wayag. Di bagian selatan Raja Ampat, ada Misool yang begitu memesona dan menawarkan liburan komplet yang tak terlupakan.

Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama yaitu Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Dari wilayah yang luas itu, yang lebih dahulu populer di kalangan turis adalah Wayag yang biasanya dicapai dari Pulau Waigeo. Tapi selain Wayag, ada juga Misool juga tak kalah keren dan suasananya lebih tenang karena belum ramai turis.

Sekali datang ke Misool, banyak tempat menarik yang bisa dijelajahi. Disusun detikTravel, Selasa,10 November 2015, berikut 6 alasan kenapa harus mencoba berlibur ke Misool di Raja Ampat sebelum mati:


(didirahmadi_/Instagram)

1. Pemandangannya indah

Misool menyajikan panorama spektakuler yang membuat mata tak berkedip. Gugusan pulau-pulau karst di Misool juga tak kalah indah dari Wayag. Bahkan tempatnya bisa dibilang lebih dekat dari Sorong.

Kalau ingin menikmati pemandangan gugusan pulau karst Misool dari ketinggian, ada tiga bukit yang bisa wisatawan daki. Ketiganya adalah Dafalen, Dapunlol atau Harfat, serta Motnikalet. Yang paling mudah didaki adalahDafalen dengan ketinggian sekitar 60 meter.



(Jeff Yonover/The Nature Conservancy)

2. Banyak spot snorkeling dan diving

Misool menjadi rumah dari berbagai jenis ikan dan lebih dari 387 jenis terumbu karang. Dengan begitu, keindahan bawah laut Misool tentulah siap memanjakan mata traveler yang snorkeling atau diving.

Spot snorkeling tersebar di berbagai sudut Misool. Banyak tempat yang harus dijangkau dengan perahu, tapi ada juga yang tinggal jalan kaki saja dari pesisir kampung. Misalnya di perairan sekitar Kampung Harapan Jaya.

Untuk diving juga banyak spot yang bisa dipilih. Tapi ada tiga lokasi yang bisa dibilang sebagai tempat paling mantap untuk diving, yaitu Misool Eco Resort, Kaleidoscope dan Pulau Jaam. Kalau mau menjajal spot diving bareng hiu yang oke, traveler bisa mencoba ke Pulau Jaam.

Pulau ini belum banyak dikunjungi turis karena memang menjadi lokasi pos patroli dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Raja Ampat. Tapi sebenarnya traveler tetap boleh diving asalkan izin dulu di kantor UPTD KKPD di Harapan Jaya.


(dok The Nature Conservancy)

3. Bisa bertemu hiu berjalan

Hiu berjalan atau kalabia termasuk hewan endemik di Raja Ampat. Jika penasaran ingin melihat kalabia, traveler bisa main ke Kampung Harapan Jaya. Tanpa harus diving, hanya dengan bermodal senter di malam hari, traveler biasanya dapat melihat kalabia di dekat dermaga kampung.


(Teddy Setiawan/Youtube)

4. Ada lebih dari satu danau ubur-ubur tanpa sengat

Di Misool, terdapat lebih dari 40 danau air asin. Tiga di antaranya diketahui menjadi rumah bagi ubur-ubur tak menyengat. Wisatawan yang datang ke Misool pun bisa snorkeling bareng ubur-ubur di ketiga danau tersebut.


(Kurnia/detikTravel)

5. Banyak batu karst unik

Ada banyak batu karst raksasa dengan bentuk unik di Misool. Misalnya saja Batu Cinta yang ada di Dafalen, Misool Selatan. Batu tersebut begitu besar dan unik dengan lubang berbentuk hati di bagian tengahnya, yang terbentuk secara alami.


(Kurnia/detikTravel)

6. Ada lukisan purba yang misterius

Terlepas dari panoramanya yang cantik, daratan di Misool menyimpan banyak misteri. Di dalah satu ceruk tebing karst, ada lukisan telapak tangan yang diyakini buatan manusia purba. Lokasinya di Pulau Sunmalele Atsa.

Ceruk tebing itu biasa disebut sebagai Gua Telapak Tangan oleh penduduk setempat. Lukisan bisa dilihat di tepian tebing karst dari atas kapal. Tak perlu turun karena bagian bawahnya sudah tergenang air laut.

Kalau dilihat sekilas, lukisan itu mirip dengan yang ada di Situs Purbakala Gua Leang-leang di Sulawesi Selatan. Warnanya merah kecoklatan dan tersebar di berbagai sisi dinding. Selain telapak tangan, kelihatan juga lukisan ikan, perahu, serta bentuk lain yang unik.

BACA JUGA: Air Terjun Way Lalaan, Keindahan Tanggamus Sejak Zaman Penjajahan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong