Logo Saibumi

Inilah Biodata Danbrigif 3 Marinir Piabung Kol Mar Werijon

Inilah Biodata Danbrigif 3 Marinir Piabung Kol Mar Werijon

Danbrigif 3 Marinir Kol (Mar) Werijon saat menandatangani naskah Berita Acara Serah Terima Jabatan dihadapan Komandan Korps Marinir Mayjend TNI (Mar) Buyung Lalana. | Saryah M Sitopu/ Saibumi.com

Saibumi.com, Piabung – Komandan Brigif 3 Marinir Piabung Kol (Mar) Werijon yang hari ini resmi menggantikan Kol (Mar) I Wayan Ariwijaya merupakan pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, 16 September 1969 silam.

Mengawali karir dari Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1991. Angkatan 37 ini menjalani sejumlah pendidikan lanjutan usai lulus dari AAL, diantaranya Dik Pasis Angkatan 4 tahun 1992, Dikpa Taifib TA 1994/1995, Diklapa I Marinir Angkatan 9 TA 1994/1995, Bahasa Perancis Angkatan 22 Hankam tahun 2000, Diklapa II Kopur Angkatan 15 TA 2001, Seskoal Angkatan XLII tahun 2004, dan Susdan Yon Kormar TP 2005.

Untuk pendidikan luar negeri Werijon menjalani Dik United States Marine Corps CSX di USA tahun 2007. Ia pun mendapat nilai A kefasihan berbahasa asing bahasa Inggris dan bahasa tradisional Minang sesuai tanah kelahirannya.

Tidak hanya itu, Werijon juga pernah menjalani penugasan di Satgassus Gurita tahun 1995, Monuc of Congo di 2006, dan MILOB UNAMSIL LIBERIA tahun 2005. Ia juga beberapa kali menjadi Kepala Delegasi Indonesia pada forum keamanan dunia seperti yang terakhir adalah Head of Indonesia Delegation pada Maritime Securities Forum di Brisbane Australia pada 2014.

Sebelum menjadi Danbrigif, Werijon pun pernah menjabat sebagai Danyonif 8 Brigif 3 Mar pada 2008. Kasubdit Konvensi Internasional Deputi Kerjasama Internasional pada 2012 dan Kasubdit Resosialisa / Rehabilitasi Deputi Pencegahan / Deradikalisasi pada 2014 yang keduanya berkantor di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Adapun pengalaman dan pengetahuan dalam masalah terorisme pernah dituangkanya dalam sebuah buku dengan judul "Islam dan Terorisme" yang launching pada 28 September 2015.

Berikut adalah daftar penghargaan yang pernah diraih oleh Werijon. Antara lain penghargaan Satya Lencana (SL) Seroja, SL Dharma Nusa, SL Kesetiaan 8 dan 16  Tahun, SL Kesatria Yudha, SL Dwidya Sistha dan SL Wira Karya. Dari lembaga internasional dia pernah dapat The United Nations Medal PBB.

Sumber Bagian Personalia Brigif 3 Marinir Piabung Pesawaran. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong