Logo Saibumi

Pemerintah Provinsi Lampung Tahun Ini Meniadakan Tradisi Belangiran Jelang Ramadhan

Pemerintah Provinsi Lampung Tahun Ini Meniadakan Tradisi Belangiran Jelang Ramadhan

Tradisi Belangiran di Kali akar tahun lalu. | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung meniadakan tradisi Belangiran menjelang bulan suci Ramadhan pada tahun 2015. Pasalnya Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebelumnya selalu menyelenggarakan Blangiran yang menjadi tradisi mensucikan diri dengan mandi di sungai Sumur Putri Kali Akar Bandar Lampung.

"Untuk tahun ini belangiran ditiadakan karena kegiatan seremoni memang harus dikurangi," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Krearif Provinsi Lampung Herlina Warganegara saat dihubungi, Kamis, 11 Juni 2015.

BACA JUGA: Mendekati Bulan Ramadhan Konsumsi Bawang Merah di Lampung Naik 10 Persen

Mantan Kepala Biro Mental ini mengacu pada peraturan Menpan tentang gerakan pola hidup sederahana PP 13 tahun 2014. "Sementara tidak ada tradisi Belangiran, memang sebelumnya tiap tahun ada tapi tahun ini enggak ada dan tidak ada penggantinya," jelasnya.

Diketahui Belangiran merupakan agenda tahunan yang diangkat oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya masyarkat daerah Lampung.

Belangiran dilakukan untuk mensucikan diri dengan mandi disungai menyambut bulan suci Ramadhan sebagai simbol mesucikan hati dalam memasuki bulan puasa sehingga dapat menjalankan ibadah dengan lancar khusyuk tanpa aral dan rintangan. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Wagub Bachtiar Basri Bersyukur Lampung Terima WTP

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong