Logo Saibumi

Menteri Pertahanan RI Resmikan KRI Teluk Bintuni

Menteri Pertahanan RI Resmikan KRI Teluk Bintuni

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro meresmikan nama KRI Teluk Bintuni pada kapal Angkut Tank - 3 (AT 3) yang dibangun di galangan kapal PT DRU di Lampung. Selain meresmikan nama KRI Teluk Bintuni, Purnomo juga sekaligus melantik Letkol Laut (P) Ahmad Muharam menjadi Komandan KRI Teluk Bintuni 520 | Saryah M Sitopu / Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro meresmikan KRI Teluk Bintuni. Peresmian nama kapal Angkut Tank - 3 menjadi KRI Teluk Bintuni 520 dilakukan Purnomo dengan menekan tombol sirene, di dermaga PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung Jl Alamsyah Ratu Prawiranegara KM 12 Srengsem Panjang Bandar Lampung, Sabtu 27 September 2014.

Seiring dengan bunyi sirene berkumandang, tirai biru yang menutupi tulisan "KRI Teluk Bintuni" di badan kapal tersebut perlahan membuka.

Selesai bunyi sirene berkumandang, acara langsung dilanjut dengan pelantikan secara resmi Letkol Laut (P) Ahmad Muharam menjadi Komandan KRI Teluk Bintuni 520. Ahmad Muharam menjadi Komandan pertama yang memimpin operasional KRI Teluk Bintuni. Pelantikan tersebut ditandai dengan penanggalan dan pemasangan tanda pangkat komandan dibahu Ahmad Muharam.

"Pengadaan satu unit kapal angkut ini bertujuan untuk mewujudkan kekuatan pokok keamanan dan pertahanan. Kapal angkut tank ini diproyeksikan untuk digunakan oleh jajaran lintas laut militer TNI AL," kata Purnomo dalam peresmian KRI Teluk Bintuni dan pelantikan Komandan KRI Teluk Bintuni-520  itu.

Purnomo tiba pukul 08.10 WIB dengan didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Marsetio, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, dan owner sekaligus Direktur Utama PT DRU Amir Gunawan.

Kedatangan mereka disambut tari Sigeh Penguten. Hanya yang sedikit beda, sirih yang biasanya disajikan untuk tamu kehormatan diganti dengan selendang tapis yang dikalungkan penari utama ke leher Menhan dan KASAL.

Pengamatan Saibumi.com, keseluruhan acara berlangsung dengan cepat karena Menhan dan rombongan sudah dijadwalkan untuk langsung terbang ke Batam untuk meresmikan empat Kapal Cepat Rudal (KCR) dan satu Kapal Cepat (KC) buatan PT Palindo Merin dan Citra Shipyard.

Sedangkan untuk tamu yang menghadiri peresmian dan pelantikan Komandan KRI Teluk Bintuni 520 ada rombongan yang ikut bersama dengan Menhan. Seperti Kabaranahan Laksda TNI Ir Rachmad Lubis, Dirjen Pothan DR Drs Timbul Siahaan, Kapuslaik Laksma TNI Ir Sayid Anwar, dan Kapusada Marsma TNI Asep Sumarudin.

Sedangkan rombongan dari TNI AL antara lain ada Asrena Kasal Laksda TNI Agung Pramono, Asops Kasal Laksda TNI Arief Rudianto, Aslog Kasal Laksda TNI Harry Pratomo, dan Pangarmabar Laksda TNI Widodo.

Untuk tamu dari Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) terdapat Laksamana TNI (Purn) Sumardjono dan Dr Pos Hutabarat.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Provinsi Lampung yakni Danrem 043 Garuda Hitam Kol (Arm) Winarto, Danlanal Kol (P) Suharto, Kapolda Lampung Brigjend Pol Heru Winarko, Danlanud Kol (Pnb) Satrio Utomo serta Danbrigif Kol Marinir Suherlan.

Turut hadir juga pasukan yang terdiri dari satu pleton TNI AD dari Korem 043 Garuda Hitam, dua pleton pasukan gabungan pelaut dan marinir, satu pleton TNI AU, 1 pleton polisi, dan satu pleton pasukan dari Dirpolair. Sedangkan yang menjadi Komandan Upacara adalah Letkol Marinir Danuri yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon 9 Marinir.

Meski keseluruhan acara berlangsung dengan lancar, acara peresmian tersebut sedikit tercoreng karena Gubernur Lampung M Ridho Ficardo datang terlambat dibanding tamu utama yakni Menteri Pertahanan. Ridho baru tiba pada saat Menhan sudah di dermaga sedang menuju tribun utama. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA