Logo Saibumi

Petani Sawit Pesisir Barat Minta Sertifikat Lahan Dikembalikan

Petani Sawit Pesisir Barat Minta Sertifikat Lahan Dikembalikan

Ilustrasi petani kelapa sawit | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung –Persoalan tanah masih menjadi kendala dalam menarik investor. Salah satunya di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Meski masalah lahan sudah dianggap selesai tahun 2011, lebih dari 1500 petani sawit Kabupaten Pesisir Barat yang tergabung dalam Persatuan Tani Demokratik (PTD), Rabu 24 September 2014, kembali akan mendatangi kantor Bupati Pesisir Barat.

Meski demo tersebut dibungkus dalam rangka memperingati Hari Tani Indonesia (HTI), tuntutan utama mereka tetap meminta sertifikat lahan dikembalikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rakhmat Husein DC dari Partai Rakyat Demokratik (PRD) Lampung. Menurut dia, 1500 orang tersebut akan melawan hak mereka yang selama ini direbut oleh PT KCMU (Karya Canggih Mandiri Utama). Serta meminta Penjabat Bupati Pesisir Barat membatalkan kontrak kerja sama dengan PT KCMU.

"Kami akan bergerak ke Kantor Bupati Pesibar pada pukul 09.00 WIB, jika perlu kami akan menginap di Kantor tersebut, sampai hak para petani terpenuhi," jelasnya kepada Saibumi.com, Selasa, 23 September 2014.

Terpisah, sebelumnya Penjabat Bupati Pesisir Barat Kherlani enggan menggubris sikap dari Persatuan Tani Demokratik (PTD) yang menolak MoU antara pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan PT Karya Canggih Mandiri Utama (KCMU).

Menurutnya, selama 19 tahun masalah antara petani dengan PT KCMU tidak selalu menemukan kata sepakat. “Saat ini kan sudah selesai. Dari tahun 2011 juga sudah dihapuskan bunganya agar tidak terjadi penambahan. Jadi tinggal menunggu pelunasan utangnya saja, petani akan mendapatkan sertifikat,” ujarnya.

Ia mengatakan tidak akan menanggapi terkadanya rencana dari PTD yang ingin menduduki kantor Bupati Pesisir Barat. “Saya tidak urusin itu lagi dan dikhawatirkan malah nanti terjadi bentrok antarpetani. Masalahnya kan sudah selesai terkait sertifikat milik petani,” ungkapnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Irzon Dwi Darma

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong