Logo Saibumi

Malam Ini AJI Bandar Lampung Berikan Penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin

Malam Ini AJI Bandar Lampung Berikan Penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin

Logo AJI | ist

Saibumi.com, Bandar Lampung – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung menggelar acara puncak malam refleksi 20 tahun AJI dengan memberikan penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin terhadap Jurnalis yang berprestasi malam ini bertempat di Restaurant and Internet Café, Rumah Putih di Jalan Amir Hamzah No 5/66 Gotong Royong, Enggal, Bandar Lampung. Hal itu disampaikan Ketua AJI Bandar Lampung, Yoso Muliawan, kepada Saibumi.com melalui sambungan telepon, Sabtu, 6 September 2014.

Menurut Yoso, AJI Bandar Lampung sudah memberikan penghargaan ini dari tahun 2008. “Ini akan jadi pemberian penghargaan yang ketujuh. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas karya jurnalistik teman-teman jurnalis, lokal maupun nasional, yang berpartisipasi untuk meliput di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Masih kata Yoso, penghargaan Saidatul Fitriah diberikan kepada jurnalis dengan karya jurnalistik yang berdampak terhadap kehidupan demokrasi, pelayanan publik dan sebagainya. Penghargaan Kamaroeddin diberikan kepada persorangan atau lembaga nonjurnalis yang dinilai konsisten memperjuangkan kebebasan pers, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM) di Provinsi Lampung.

Dia mengatakan seluruh karya jurnalistik yang dikirimkan sudah dinilai oleh ketiga orang juri, yaitu jurnalis senior Budisantoso Budiman dan Fadilasari, serta akademisi Universitas Lampung Tisnanta.

“Tahun ini, juri sudah menyeleksi sekitar 70 judul karya jurnalistik yang telah masuk dari 9 orang . Dari sekian judul karya jurnalistik yang masuk, juri akan melihat dampak pemberitaan karya jurnalistik tersaebut untuk provinsi Lampung.”

“Karya jurnalistik yang terbaik akan menjadi pemenang dan akan mendapatkan piala dan uang tunai sebesar Rp1 juta,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan selain pemberian penghargaan malam nanti ada kegiatan diskusi refleksi 20 tahun perkembangan profesionalisme dan kesejahteraan jurnalis di Lampung, “Inti diskusi nanti yaitu perkembangan pers di Lampung, diselingi oleh hiburan musik dari komunitas Orang Indonesia (OI) Iwan Fals,” ucapnya

Yoso yang juga merupakan pekerja jurnalis itu menuturkan dengan penghargaan Saidatul Fitriah kegiatan ini diharapkan untuk karya terbaik Jurnalistik yang menjadi pemenang. Ada sesuatu yang bisa diangkat untuk menginspirasi produk jurnalistik yang baik di Lampung, selanjutnya untuk penghargaan Kamaroeddin, semakin banyak perseorangan maupun lembaga yang berkontribusi untuk kehidupan demokrasi, kebebasan pers, dan lingkungan diberbagai bidangnya di Lampung.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Agus Yudistira

BACA JUGA: Kherlani Memimpin Poling Sementara di Portal Saibumi.com

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong