Logo Saibumi

KRI Teluk Bintuni akan Dipamerkan ke SBY
Jadi Maskot HUT TNI 2014

KRI Teluk Bintuni akan Dipamerkan ke SBY

Kondisi terkini dari KRI Teluk Bintuni. Foto diambil di galangan PT DRU Lampung Senin 25 Agustus 2014 | Saryah M Sitopu / Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - KRI Teluk Bintuni dijadwalkan akan dipamerkan langsung di hadapan Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono. "Kapal ini direncanakan jadi maskot yang tampil pada pawai kapal perang yang dimiliki oleh Angkatan Laut saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI pada Oktober 2014 mendatang di Surabaya," kata General Manager PT DRU Lampung Harryadi (40) kepada Saibumi.com.

Lebih lanjut Harry, begitu dia biasa disapa, KRI Teluk Bintuni ini menjadi bukti bahwa galangan kapal milik Indonesia terutama swasta sanggup untuk membuat kapal untuk memenuhi keperluan alat utama sistem senjata (alutsista).

"Sesuai dengan keinginan Pak SBY supaya industri pertahanan dalam negeri kita dapat mengurangi ketergantungan persenjataan dari negara luar. Minimal bahan pembuatnya lokal semua dan secara kualitas tidak kalah dengan produk luar," tambahnya.

Keberhasilan pembuatan kapal perang khusus pengangkut tank ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa industri maritim Indonesia mampu membuat kapal perang sendiri. "Dan jadi kebanggaan khusus bagi masyarakat Lampung karena di Pulau Sumatera hanya ada satu yakni di Lampung untuk perusahaan pembuat kapal perang," katanya lagi.

"Sebelumnya kami sudah pernah dipercaya memperbaiki KRI Kala Hitam. Pernah juga perbaiki KMP Kelimutu, dan sebagainya. Kami juga sudah pernah membuat kapal tanker, kapal ferry, kapal kargo, kapal fiber (Fibre Reinforced Plastic Boat /FRP), kapal kontainer dan kapal pesiar jenis cruise. Pengalaman itu yang membuat kami, pihak swasta pertama di Indonesia, dipercaya Kemenhankam RI membuat kapal ini di Lampung," pungkasnya.

Mempertunjukkan langsung kapal tersebut dihadapan Presiden SBY boleh jadi sebagai pembuktian dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PT DRU. Karena penandatanganan  kontrak pembangunan jenis kapal angkut tank atau Landing Shift Tank (LST) bersama TNI Angkatan Laut itu dilakukan langsung dihadapan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Dilaksanakan pada pembukaan pameran RITECH yang diadakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong