Logo Saibumi

Sosialisasi E-KTA untuk Anggota Polda Lampung di Novotel Bandar Lampung

Sosialisasi E-KTA untuk Anggota Polda Lampung di Novotel Bandar Lampung

Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko saat mencoba mengetest langsung E-KTA yang baru diperolehnya. Heru mencoba mengetest fungsi utama E-KTA sebagai kartu identitas anggota Polri. Dilayar raksasa yang ada disebelah kanan dan kiri panggung langsung menampilkan data-data pribadi dari Kapolda mulai dari data pribadi seperti alamat rumah, golongan darah, hingga nomor ponsel. Hingga data riwayat pekerjaan sebagai anggota Polri

Saibumi.com, Bandar Lampung- Kartu Tanda Anggota Elektronik (E-KTA) secara resmi diberlakukan untuk anggota Polda Lampung. Peluncuran E-KTA tersebut secara resmi dilaksanakan pada acara sosialisasi E-KTA Polri Polda Lampung dengan Kantor Wilayah BRI Bandar Lampung di Ballroom 1 Hotel Novotel Bandar Lampung, Jl Gatot Subroto, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, Jumat, 22 Agustus 2014.

Acara tersebut dihadiri tim dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Pol Mustafa Heri Kuncoro dan Kabag Luhkum Div Kum Polri KBP Agung Makbul.
Selain itu ada Direktur BRI Pusat Asmawi Syam, Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko,
Wakapolda Lampung Kombes Winarno, para Pejabat Utama Polda Lampung dan para Kapolres dan Kapolsek yang ada di Provinsi Lampung.

BACA JUGA: Residivis Bandar Lampung Kembali Menjambret

E-KTA merupakan langkah inovatif dari Polri bekerjasama dengan BRI untuk mewujudkan upaya kearah Cashless Society bagi Indonesia (program meminimalkan penggunaan uang tunai dalam tiap transaksi keuangan).

Proses E-KTA sudah diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kapolri dengan Dirut BRI tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan. Juga penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Asisten Kapolri bidang SDM dan Direktur Bisnis Kelembagaan dan BUMN BRI tentang Penerbitan dan Pengelolaan E-KTA Polri serta pelayanan jasa perbankan lainnya pada 1 Juli 2014 lalu.

Mulai 17 Agustus 2014 secara bertahap Mabes Polri memberlakukan KTA-Elektronik. Untuk tahap pertama yang diberlakukan adalah e-KTA yang diterbitkan Bank BRI bagi anggota Polri yang bertugas di Divisi Humas Mabes Polri dan Biro SDM Polda Metro Jaya.

Pemilihan BRI sebagai bank yang digandeng Polri untuk mewujudkan E-KTA ini dikarenakan baru BRI yang sudah siap baik dari sisi pembangunan sistem maupun penyediaan kartu yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh SSDM Mabes Polri. Diantaranya kartu yang dilengkapi dengan doble chip dan magnetic stripe dengan kapasitas sangat besar sehingga e-KTA dapat multi fungsi.

E-KTA fungsi utamanya sebagai Kartu Identitas Polri. Kemudian sebagai data berjalan yang berisi riwayat hidup anggota. Sebagai kartu ATM yang dapat bertransaksi di lebih dari 115.000 e-channel BRI. Sebagai uang elektronik "BRIZZI" yang dapat digunakan sebagai alat bayar dibeberapa alat transportasi umum seperti busway dan commuter line. Yang terakhir adalah sebagai Kartu DEBIT di merchant-merchant belanja yang bekerjasama dengan BRI diseluruh Indonesia.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

 

BACA JUGA: BBM Dibawa ke Mapolresta Bandar Lampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong