Logo Saibumi

Pengamat : Masyarakat Harus Tahu Anggaran Pelantikan Anggota DPRD Lampung

Pengamat : Masyarakat Harus Tahu Anggaran Pelantikan Anggota DPRD Lampung

Dr Dedy Hermawan | Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tidak adanya pemaparan dan perincian tentang biaya anggaran pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi/Kota se-Lampung dapat menyebabkan spekulasi di khalayak publik. Hal ini diungkapkan oleh Pengamat Kebijakan Publik, Dedy Hermawan kepada Saibumi.com di ruang kerjanya, Rabu, 20 Agustus 2014.

Dedy Hermawan, mengungkapkan, masyarakat berhak tahu berapa besar biaya untuk acara seperti pelantikan. Semuanya itu sesuai dengan prinsip transparansi kebijakan publik yang penggunaannya untuk apa saja karena biaya itu berasal dari rakyat.

“Jika Pemerintah Daerah khususnya Sekretaris DPRD Lampung yang dalam hal ini selaku penyelenggara tidak merinci masalah biaya, publik bisa berfikir akan ada pemborosan anggaran, nanti akan timbul praduga di dalam pemikiran masyarakat ada pihak-pihak yang ingin menikmati dari besarnya anggaran tersebut,” ujar Dedy.

Masih kata dia, saat ini publik menginginkan pemerintahan yang lebih sederhana dan transparan serta tidak menggambarkan tentang kemewahan. Jika pelantikan tersebut diselenggarakan berbalik dengan itu, bisa menjadikan suatu kemunduran dan tidak memiliki konektivitas dengan aspirasi masyarakat yang menjadi pemilihnya. Apalagi mereka (Anggota DPRD baru) baru saja dilantik.

“Masyarakat sangat dan ingin memiliki pemimpin yang sederhana, ditambah lagi acara pelantikan ini hanya seremonial, artinya kita harus ada inovasi pelantikan yang lebih mendekatkan pada masyarakat sebagai pemilihnya,” ungkapnya.

Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Lampung tersebut mengharapkan, pihak penyelenggara pelantikan harus transparan, sehingga publik bisa melihat rasionalitas anggaran yang digunakan untuk apa. Jika kemudian banyak sisi pemborosannya, langkah berikutnya harus dipangkas dan lebih di efisienkan lagi untuk kepentingan publik yang lebih penting.

“Saya pikir seremonial nanti kedepannya yang tidak terlalu kaku, lebih inovatif, dan lebih mendekatkan dengan masyarakat, serta tidak perlu memakai anggaran banyak,” tegasnya.

Ia melanjutkan, pemakaian anggaran jika terlalu besar sangat tidak wajar jika hanya dipakai untuk acara seperti pelantikan anggota dewan dan siapapun itu bisa menilai, karena kita tidak tahu persis peruntukannya untuk apa saja. Paling tidak secara garis besar masalah biaya bisa di informasikan ke media ataupun masyarakat. Dengan melihat efisiensi kegiatan itu kemudian dibandingkan dengan anggaran.

“Kita sangat menyayangkan jika tidak adanya keterbukaan dari pemerintah agar menjadi contoh yang baik. Jangan sampai masyarakat menggugat akibat dari anggaran yang tidak transparan,” tutupnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Irzon Dwi Darma

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong