Logo Saibumi

Ombudsman Rekomendasi Pejabat Dinas Raih Zona Merah Dipecat

Ombudsman Rekomendasi Pejabat Dinas Raih Zona Merah Dipecat

Khoirul Anwar

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tujuh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang masuk zona merah hasil penelitian kepatuhan pemerintah daerah Provinsi Lampung tahun 2014, terhadap UU pelayanan publik terancam di pecat. Hal ini dungkapkan oleh Anggota Ombusdman Republik Indonesia Khoirul Anwar usai penyerahan Sertifikat Kepatuhan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan penandatanganan MoU Ombudsman RI Perwakilan Lampung dengan Pemprov Lampung di rupatama kantor Rabu, 13 Agustus 2014.

Berdasarkan data yang ada 6 SKPD masuk zona kuning, 8 SKPD masuk zona hijau, dan 7 SKPD zona merah. “Kalau merah lagi stop. Pak Gubernur sudah bilang tadi kalau merah lagi stop. Ada ketentuan di dalam UU No 25 terkait dengan pasal dan sanksi,” ujarnya.

Menurutnya, Ombudsman dalam kerangka itu untuk merekomendasikan sanksi terhadap pejabat pembina untuk meningkatkan pelayanan. “Dalam kondisi ini memang sikapnya wajib melaksanakan rekomendasi Ombudsman artinya walapun pergantian gubernur atau bupati serta walikota tetap tidak menjalani. Melanggar aturan,” jelasnya. 

Khoirul menambahkan Ombudsman selalu berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. “Sesuai undang-undang jelas tidak sesuai standar di dalam lembaga yang dipimpinnya. Dia (Kepala Dinas) harus diberhentikan dari jabatannya dan rekomendasi bisa dari Ombudsman untuk diberhentikan terhadap pejabat pembina dan wajib melaksanakan,” tukasnya 

Sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Lampung mendata ada 7 SKPD yang mendapatkan zona merah karena pelayanan publiknya tidak memenuhi standar pelayanan. SKPD tersebut yakni Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pendapatan Daerah Lampung, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Bina Marga, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD).(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Eva Suryani

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong