Logo Saibumi

Donor Darah, Diharapkan sebagai Gaya Hidup

Donor Darah, Diharapkan sebagai Gaya Hidup

Ilustrasi | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung – Di Negara maju, masyarakatnya sudah memahami bahwa menjadi pendonor darah sukarela merupakan kebiasaan hidup sehat dan bermanfaat. Kondisi ini juga yang kini menjadi harapan di Indonesia. PMI mengharapkan masyarakat Indonesia, termasuk Lampung, bisa menjadikan donor darah sebagai gaya hidup.

"Sejalan dengan harapan Ketua Umum PMI Yusuf Kalla, kita juga mengharapkan donor darah sukarela menjadi gaya hidup Indonesia yang senang membantu, senang mendonorkan darahnya, sehingga kebutuhan darah tercukupi," ungkap Kepala Unit Donor Darah PMI Lampung, Dr Aditya M.Biomed di ruang kerjanya, kemarin (Selasa 12 Juli 2014).  

Kebutuhan transfusi darah di suatu wilayah umumnya 2 persen dari jumlah penduduk. “Jadi kalau misal penduduk Lampung ada 8 Juta jiwa, artinya kita membutuhkan 160 ribu kantong setiap tahunnya,” terangnya.

Di Bandar Lampung kebutuhan darah sekitar 34 sd 36 ribu kantong. "Tapi sayangnya kebutuhan di bandar lampung, masih disokong oleh pendonor darah sukarela yang hanya mencapai 60 sd 70 persen pertahunnya. Kondisi ini, akan jauh berkurang pada bulan Ramadhan, angkanya akan turun drastis. Saat itu, harapan kita hanya dari saudara saudara kita yang non muslim untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya. 

Iimbauan sudah sering kali dilakukan kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Pada bulan Ramadhan kemarin memang patut dimaklumi kondisi stok darah menurun ke angka terendah karena kebanyakan orang menjalani ibadah puasa  "Biasanya kendala stok darah menurun drastis pada Minggu ke tiga di bulan Ramadahan, lebaran 2 minggu pasca lebaran." 

Lebih lanjut dia mengatakan, "kenapa diawal bulan Ramadhan stok darah lumayan cukup baik, karena di UDD dari jauh hari sudah menyiapkan persediaan stok darah, sehingga pada pekan pertama bulan Ramadhan persedian darah cukup baik untuk antisipasi masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya. 

Laporan Wartawan Saibumi.com Agus Yudistira

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong