Logo Saibumi

Umur Darah Maksimal 4 Minggu

Umur Darah Maksimal 4 Minggu

Ilustrasi | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung – Masa aktif darah segar yang ada dalam laboratorium ternyata hanya mampu bertahan seolama 4 minggu. Darah yang sudah memasuki umur 4 minggu, tidak boleh digunakan untuk mentransfusi darah.

"Darah yang akan digunakan untuk transfusi tidak boleh dipakai setelah lewat dari 3 minggu hingga 4 minggu dari proses donor darah, karena darah mempunyai masa expired juga,” ujar Kepala Unit Donor Darah Lampung. Dr Aditya M.Biomed di ruangannya, kemarin, Selasa 12 Agustus 2014. 

Dengan kemajuan teknologi, transfusi darah harus memenuhi 2 aspek yaitu aspek keamanan artinya tidak boleh donor darah sebagai media penyebaran penyakit, untuk itu  UDD PMI akan memberikan perlakuan yang sebaik mungkin, sehingga darah yang akan diberikan kepada pasien terbebas dari penyakit. 

Aspek kecukupan berarti UDD PMI berusaha akan semampu mungkin untuk menyediakan Darah yang berkualitas bagi pasien.

"Jadi setelah diambil, darah akan diperiksa kembali kandungan penyakit didalamnya, 4 yang wajib diperiksa dalam darah tersebut yaitu kandungan HIV/Aids, Hepatitis B, Hepatitis C, dan yang terakhir sepilis, itu sebenarnya hanya pemeriksaan minimum, kalau di luar negri ada pemeriksaan khusus lagi yang harus diteliti," ucapnya.

Di Indonesia memang standar keamanannya masih sangat minim. "Tetapi kita berusaha semaksimal mungkin memeriksa kandungan penyakit di dalam darah pendonor tersebut. Sehingga darah yang diberikan sangat baik,” ujar dia.

Laporan Wartawan Saibumi.com Agus Yudistira

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong