Logo Saibumi

Pelabuhan Merak Butuh 10 Dermaga

Pelabuhan Merak Butuh 10 Dermaga

Saibumi.com, Jakarta - Pemerintah berencana akan memindahkan terminal pelabuhan Merak. Ini dilakukan agar penumpukan kendaraan dan penumpang tidak terjadi. Terminal pelabuhan Merak disebut sudah tidak laik dalam melayani penyeberangan.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, mengatakan pihaknya juga akan segera melakukan uji kelaikan pemindahan terminal. Selain pemindahan, Kemenhub juga akan terus menambah dermaga di Pelabuhan Merak.

Menurut Bambang, pelabuhan Merak setidaknya membutuhkan 10 dermaga dalam 10 tahun ke depan. Saat ini Merak hanya mempunyai 5 dermaga yang berfungsi baik.

"Sekarang kan hanya bisa 5 atau 6 dermaga yang berfungsi. Apakah kita akan membuat satu lokasi baru, atau sekarang lokasi baru atau seluruhnya dipindahkan ini masih dikaji lagi," ucap Bambang di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin 11 Agustus 2014.

Bambang menegaskan kebutuhan akan terminal dan dermaga ke depannya akan terus meningkat. Bahkan, Bambang mempunyai ide akan membangun terminal dan dermaga kelas premium. Pada kelas premium calon penumpang akan mendapat layanan cepat.

"Pelayanan lebih bagus. Tapi yang menjadi masalah, kondisi lahan di Merak terbatas. Makanya di mana dilakukan di situ untuk pengembangan ke depan karena di proyeksikan kita butuh 10 dermaga," tegasnya.

Dalam jangka pendek, Kemenhub akan melakukan pengerukan pelabuhan agar kapal besar bisa bersandar di Pelabuhan Merak. Hal ini sekaligus dalam modernisasi pelabuhan sebelum pembangunan terminal baru selesai.

"Tidak menutup kemungkinkan swasta juga ikut. Jadi nanti ada beberapa yang dikelola swasta yang dermaga. Karena di UU juga ada. Uji kelaikan akan selesai tahun depan," tutupnya. (Mdk.com)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong