Logo Saibumi

Kebijakan Rumah Rakyat Sulit Terealisasi

Kebijakan Rumah Rakyat Sulit Terealisasi

Perumahan | Ilustrasi

Saibumi.com, Jakarta - Indonesia Property Watch menilai Indonesia belum memiliki peta jalan (road map) terkait perumahan rakyat. Ini yang membuat lembaga swadaya masyarakat itu memerkirakan bahwa kebijakan terkait pengembangan perumahan rakyat pemerintahan mendatang tak jauh berbeda dengan saat ini.

"Bahkan hal ini (road map) dalam beberapa tahun tidak tersentuh," ujar Ketua Indonesia Property Watch Ali Tranghanda dalam siaran pers, Jakarta, Sabtu, 9 Agustus 2014.

Menurut dia, ketiadaan pedoman membuat pemerintah sulit menyediakan perumahan rakyat dengan harga terjangkau. Pasalnya, harga tanah menjadi sulit untuk dikendalikan.

Untuk itu, peta jalan perumahan nasional harus segera dibuat. Hingga saat ini, kebijakan perumahan rakyat masih tambal sulam tanpa terintegrasi dengan baik.

"Pemerintah seharusnya sadar bahwa peran Menpera saat ini sangatlah tidak memungkinkan untuk dapat memberikan kebijakan yang baik mengingat dalam penanganan sektor perumahan terkait banyak kementerian didalamnya," jelas dia.

Selain itu, pembentukan Badan Perumahan harus segera dilakukan. Mengingat perannya sangat penting dalam mengurangi back log perumahan saat ini. "Mekanisme bank tanah melalui Badan ini dipercaya dapat memberikan dampak yang besar untuk memenuhi rumah rakyat," ungkapnya kepada Merdeka.com.

Setelah itu, pemerintah bisa membentuk tabungan perumahan rakyat. "Selama ini malah menilai pembentukan Badan Perumahan ini akan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada seperti pengendalian harga tanah untuk rumah rakyat, koordinasi dalam pelaksanaan program perumahan lintas kementerian, dan akhirnya dapat menyelesaikan masalah kekurangan back log perumahan yang ada." (*)

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong