Logo Saibumi

Rawan Penyimpangan, Pembatasan BBM Dititikberatkan pada Solar Bersubsidi

Rawan Penyimpangan, Pembatasan BBM Dititikberatkan pada Solar Bersubsidi

Ilustrasi | ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Kebijakan pemerintah untuk pengendalian pendistribusian jenis BBM bersubsidi mayoritas menitikberatkan pada pembatasan penjualan BBM bersubsidi jenis solar. Hal ini disampaikan oleh Kepala Depot Pertamina Panjang Verie Lumintang kepada Saibumi.com, Jum’at, 8 Agustus 2014.

Ia mengatakan kenapa solar yang dibatasi. Hal ini dikarenakan solar dipakai oleh kendaraan umum dan juga usaha industri. “Walaupun pemerintah sudah membuat kuota khusus solar untuk industri, tapi tetap saja terdapat celah untuk membelokkan solar dari SPBU ke industri. Harga terkini solar untuk kebutuhan industri sudah Rp13.300 per liter sedangkan solar yang dijual di SPBU Rp5.500 per liternya,” ungkapnya.

Verie menjelaskan harganya mencapai dua kali lipat dan selisih harga yang sangat jauh. “Industri akan lebih survive jika biaya operasional kecil (termasuk BBM). Maka, tidak heran industri gunakan segala cara untuk menyiasati biaya BBM termasuk memanfaatkan tawaran dari oknum yang pintar memanfaatkan celah range (selisih) harga itu,” ujarnya.

Masih kata dia, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bukan tanpa alasan membatasi lebih ketat pada penyaluran BBM. “Karena BPH Migas menduga mengalirnya solar dari SPBU ke industri pada jam-jam tertentu, utamanya dimalam hari. Itulah sebabnya ditempuh opsi jam penjualan solar,” bebernya.

Verie mengungkit soal beban subsidi yang harus ditanggung APBN setiap tahun semakin naik. “Kebutuhan nasional kita itu 60 persen dari impor BBM sedangkan kilang minyak nasional hanya mampu penuhi 40 persen. Untuk impor, kita beli dengan harga internasional sehingga jangan kaget subsidi BBM sampai triliunan karena naik terus tiap tahun,” tandasnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong