Logo Saibumi

Operasional Kereta Bandara Kualanamu Dihentikan

Operasional Kereta Bandara Kualanamu Dihentikan

Kereta Bandara Kuala Namu | Merdeka.com

Saibumi.com, Medan - Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (persero), PT Railink menghentikan kerja sama dengan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) terkait fasilitas gratis kereta api bandara (airport railink services) untuk rute Kualanamu - Medan.

Awalnya, penumpang maskapai Garuda Indonesia bisa menikmati fasilitas kereta api bandara (airport railink services) untuk rute Kualanamu - Medan tanpa dipungut biaya alias gratis. Namun, sejak Mei 2014, kerjasama tersebut dihentikan sementara.

Direktur Komersial Railink Zuryati Simbolon mengatakan fasilitas ini disediakan sejak 2013. Namun belum semua penumpang Garuda Indonesia memanfaatkan fasilitas ini. Dia tidak menutup kemungkinan kerja sama ini dilanjutkan kembali.

"Kerja sama dengan Garuda Indonesia bisa kembali dilanjutkan," ujarnya kepada wartawan di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 7 Agustus 2014.

Dia mengaku penghentian kerja sama ini keputusan Garuda Indonesia. Dia mengaku tak tahu alasan dan dasar pertimbangannya "Tidak tahu itu pihak Garudanya," jelas dia.

Perseroan berencana menjalin kemitraan dengan maskapai penerbangan lainnya semisal AirAsia Indonesia, Sriwijaya Air, dan SilkAir untuk fasilitas gratis kereta api bandara (airport railink services) untuk rute Kualanamu - Medan.

"Kami mencatat pengguna kereta api bandara sebanyak 2.500 setiap hari," jelas dia.

Zuryati menargetkan konsumen kereta api untuk rute Kualanamu - Medan mencapai 3.000 per hari pada 2014. Kemudian meningkat menjadi 4.000 pada 2015.

Untuk waktu perjalanan Kualanamu - Medan sekitar 45 menit. Sementara perjalanan kembalinya membutuhkan 30 menit. Railink juga memberikan program Tarif Khusus Kemerdekaan bagi pengguna moda kereta api bandara sebesar Rp 60.000. Nominal itu turun dibandingkan harga normal yang mencapai Rp 80.000 untuk sekali perjalanan.

Tujuan pemberlakuan tarif promo kemederkaan untuk meningkatkan kesadaran (awareness) penumpang menggunakan kereta bandara di Indonesia. Potongan harga berlangsung mulai 10 Agustus hingga 30 September.

Di samping itu, perseroan juga akan mengevaluasi harga tiket kereta bandara Kualanamu-Medan. "Belum lah kami kan baru setahun juga," tutup dia.(merdeka.c)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong