Logo Saibumi

Panahan Lampung Butuh Latih Tanding

Panahan Lampung Butuh Latih Tanding

Sekum Pengprov Perpani Lampung Puryoto

Saibumi.com, Bandar Lampung – PON Remaja I di Jawa Timur pada 6-12 Desember 2014, sudah mulai menguras konsentrasi para Pembina cabang olahraga di Lampung. Cabang panahan salah satunya.

“Melihat peta kekuatan atlet-atlet panahan remaja se-Indonesia, baik pada event antar-PPLP maupun kejurnas, peluang atlet Lampung meraih medali pada PON Remaja I nanti cukup terbuka,” ujar Puryoto, sekretaris umum Pengprov Perpani Lampung kepada Saibumi.com, di kantor KONI Provinsi Lampung, Gedung Sumpah Pemuda PKOR way Halim, Kamis, 7 Agustus 2014.

Meski begitu kata dia, atlet-atlet panahan memerlukan sebanyak mungkin pertandingan. “Tujuannya agar mereka memiliki pengalaman dan rasa percaya diri tinggi pada saat berlomba pada event resmi,” terang Puryoto lagi.

Secara teknis, atlet panahan Lampung tidak kalah dibanding atlet-atlet dari provinsi lain yang melakukan persiapan cukup ideal, seperti Jabar, Jatim, Jateng, dan DKI. Sebagaimana diketahui, Tim Panahan Jawa Barat, misalnya, saat ini melalukan pemusatan latihan di Korea. “Pada saat PON XVIII-2012 lalu, mereka pun latihan di Korea dan ditangani pelatih Korea. Nyatanya, atlet kita yang berlatih di Natar dengan pelatih lokal tetap mampu meraih medali,” ulas Puryoto.

Kenyataan inilah, masih kata Puryoto, perlu diantisipasi dengan sebanyak mungkin mengikuti kejuaraan-kejuaraan resmi. “Selain untuk melatih mental, pertandingan resmi juga akan bagus dampaknya untuk mengasah kematangan teknik para atlet.”

Menurut Puryoto, khusus menghadapi PON I Remaja di Jatim, Pengprov Perpani saat ini menyiapkan 4 atlet putra dan 4 putri untuk nomor fita recurve, serta 4 putra dan 4 putri pada compound.

Meski tidak secara gamblang menyebut, Puryoto mengakui, atlet-atlet yang diproyeksikan ke PON Remaja tersebut sebagian besar bersumber dari atlet PPLP Lampung. “Prestasi yang dicapai atlet-atlet PPLP setahun terakhir, menjadi parameternya,” terang dia.

Pada Kejurnas antar-PPLP di Jakarta lalu, tim PPLP Lampung berhasil meraih 1 emas 1 perak. Para atlet yang tergabung dalam PPLP antara lain: Irvan, Rikijni Kevin, Alif, Arif Nugroho (Ragunan), Fenny Fadila, Putri Setya Ramadhani, Tyas Cindy Pratiwi, dan Noni Marinda. (*)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong