Logo Saibumi

Minim Sarana, Pencak Silat Bandar Lampung Terus Maju

Minim Sarana, Pencak Silat Bandar Lampung Terus Maju

Thobroni Harun saat diwawancarai diruang kerjanya pada Kamis, 7 Agustus 2014. | Irzon Dwi Darma/ Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Bandar Lampung Thobroni Harun mengatakan, kesenian pencak silat yang sudah masuk cabang olahraga (cabor) ini tidak terlalu banyak membutuhkan tempat/fasilitas sebagai sarana latihan. Karena olahraganya menyatu kepada alam/outdoor/luar tetapi tanpa mengurangi kemampuan dari para atlet pencak silat tersebut.

Ia menjelaskan, cabor pencak silat memiliki konsep kemampuan dan bertahan atau secara mandiri. Tetapi dibantu juga baik secara moril dan material oleh Pemerintah khususnya Kota Bandar Lampung yang melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota.

“Di Bandar Lampung sendiri ada 30 perguruan pencak silat, dan mereka memiliki fisik dan keterampilan yang cukup baik. Mereka pun biasanya jika latihan pada malam hari, baik di pinggir pantai atau bisa lapangan terbuka, dan kemampuan mereka sangat baik,” ujarnya kepada Saibumi.com, di Ruang Kerja Kantor Wakil Walikota Bandar Lampung, Kamis, 7 Agustus 2014.

Wakil Walikota Bandar Lampung itu mengatakan, cabang olahraga pencak silat ini banyak mendapat penghargaan ataupun medali pada kegiatan atau perlombaan. Walaupun masih banyak persoalan yang harus dibenahi. Seperti menghindari pembajakan atlet pencak silat.

“Kita banyak memiliki atlet berprestasi dan itu harus dijaga, jika dari Kota Bandar Lampung, maka ia membawa nama kota, karena jika terjadi hal tersebut sangatlah tidak mendidik,” ungkapnya.

Thobroni Harun berpesan kepada seluruh pengurus dan atlet, agar lebih secara rutin mengembangkan dan meningkatkan kualitas. Karena para atlet pun harus ada regenerasi dan itu harus dilakukan secara estafet serta terintegrasi.

“Dengan begitu maka perputaran akan terjadi secara terus menerus dan kualitas terbangun dengan baik,” tutupnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Irzon Dwi Darma

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong