Logo Saibumi

795 Anak di Lapas Dapat Remisi
Hari Anak Nasional

 795 Anak di Lapas Dapat Remisi

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (2 kanan) dan Ny. Ani Yudhoyono (kanan) mengunjungi Lapas anak-anak di Tangerang. Foto: Antara |sasibumi.com/

Saibumi.com, Jakarta - Memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) memberikan remisi bagi 795 anak yang menjalani hukuman di lembaga permasyarakatan (lapas). Hasilnya, 11 anak dinyatakan langsung bebas.

Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan (Pas), Akbar Hadi, memaparkan besarnya remisi antara satu bulan hingga enam bulan. Itu tergantung masa pidana yang sudah dijalani.

BACA JUGA: Belanda Berkabung Nasional

Tetapi, lanjut Akbar, anak pidana yang mendapatkan remisi minimal sudah menjalani enam bulan masa pidana.

Pemberian remisi diatur dalam pasal 34C ayat (1) PP No. 99/2012 dan pasal 18 serta pasal 19 Permen Hukum dan HAM RI No. 21/2013 tentang Pemberian Remisi Anak bagi Anak Pidana.

Akbar mengatakan jumlah anak yang sedang berada di lapas atau rumah tahanan (rutan) seluruh Indonesia berjumlah 5.418 anak, terdiri dari anak pidana sebanyak 3.284 dan tahanan anak sebanyak 2.134 orang. (Ant)

 

 

BACA JUGA: Cuaca Panas Renggut 3 Nyawa, Ribuan Orang Dilarikan ke RS di Jepang

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong