Logo Saibumi

Serba 100 di Piala Dunia 2014

Serba 100 di Piala Dunia 2014

Tim Jerman | Ist

Rio de Janeiro – Piala Dunia ternyata bukan sekadar turnamen. Kejuaraan sepakbola paling akbar di dunia itu telah menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi sejumlah pemain dan tim peserta. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, mereka menorehkan catatan sejarah masimng-masing.

Tampil di Piala Dunia mewakili negara jelas merupakan mimpi setiap pesepakbola. Sebagai sebuah tim, ajang ini menjadi pembuktian kualitas persepakbolaan suatu bangsa. Tampil di putaran final turnamen empat tahunan ini sendiri pada dasarnya sudah merupakan prestasi istimewa, mengingat prosesnya sedemikian sulit dan berliku.

Maka setiap catatan yang dituliskan setiap pemain atau negara di ajang ini secara otomatis menjadi torehan spesial pula. Dan beberapa di antara mereka sukses menancapkan sebuah tonggak di Piala Dunia 2014.

FIFA mencatat sejumlah pemain dan negara yang masuk ke dalam klub 100. Beberapa pemain yang masuk ke dalam klub ini di antaranya seperti Wesley Sneijder, Neymar, dan Olivier Giroud. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir FIFA.

1. Wesley Sneijder, mencatatkan penampilan ke-100 bersama Belanda (13 Juni 2014)

Torehan ini makin istimewa karena Sneijder berhasil mengantarkan timnya mengalahkan juara bertahan Spanyol dengan skor telak 5-1. 

2. Jerman memainkan laga Piala Dunia ke-100 (16 Juni 2014)

Jerman langsung mengukir catatan istimewa pada laga pembuka di Brasil, menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang mencapai 100 laga di Piala Dunia. Makin spesial karena mereka berhasil mencukur Portugal dengan skor mencolok 4-0.

3. Mario Yepes catatkan 100 caps bareng Kolombia (19 Juni 2014)

Bek veteran Kolombia Mario Yepes mencatatkan penampilan ke-100 bersama Kolombia kala memainkan laga kedua fase grup melawan Pantai Gading. Kapten berusia 38 tahun itu memimpin timnya menang 2-1 dan memastikan diri lolos ke fase gugur.

4. Olivier Giroud mencetak gol ke-100 Prancis di Piala Dunia (20 Juni 2014)

Setelah membuka kiprah di Brasil dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Honduras, Prancis berkesempatan menorehkan gol ke-100 di laga keduanya saat melawan Swiss. Adalah penyerang Arsenal Olivier Giroud yang mendapatkan keberuntungan mencetak gol tersebut.

5. Javier Mascherano catatkan 100 pertandingan bersama Argentina (21 Juni 2014)

Javier Mascherano tampil untuk ke-100 kalinya bersama Argentina saat menghadapi Iran. Pemain Barcelona itu nyaris menutup laga tersebut dengan rasa hambar karena Iran berhasil menahan imbang hingga waktu normal habis. Tapi aksi Lionel Messi di masa perpanjangan waktu mengubah situasi dan memberikan kado indah untuk rekan setim.

6. Per Mertesacker ukir laga ke-100 dengan Jerman (21 Juni 2014)

Per Mertesacker bergabung dengan klub 100 saat membela Jerman menghadapi Ghana. Namun sayangnya laga tak berakhir dengan hasil positif untuk Der Panzer, yang hanya berimbang 2-2.

7. Brasil sudah 100 laga di Piala Dunia (23 Juni  2014)

Hanya sepekan setelah Jerman mencatatkan partai ke-100 di Piala Dunia, Brasil ikut serta. Menghadapi Kamerun, Selecao menang meyakinkan 4-1 di turnamennya. Brasil merupakan satu-satunya tim yang selalu tampil di tiap edisi Piala Dunia.

8. Neymar cetak gol ke-100 Brasil (23 Juni 2014)

Dua catatan sekaligus dicatatkan Brasil di laga kontra Kamerun. Tak cuma memainkan pertandingan ke-100, The Canaries juga menorehkan gol yang ke-100. Adalah Neymar yang mengantarkan Brasil ke catatan ini.

9. Dirk Kuyt dan 100 caps bersama Belanda (29 Juni 2014)

Dirk Kuyt menyusul Sneijder untuk memainkan pertandingan ke-100 bersama Belanda. Menghadapi Meksiko, pemain 33 tahun ini turut memegang andil kala Belanda berhasil membalikkan ketertinggalan dan menang 2-1.

 

10. Joseph Yobo, penampilan ke-100 bersama Nigeria (30 Juni 2014)

Yobo seperti sudah ditakdirkan untuk mencatatkan raihan ini. Di laga pembuka Nigeria, Godfrey Oboabona cedera dan Yobo menjadi penggantinya. Yobo pada prosesnya jadi jadi pilihan utama dan menyelesaikan fase grup dengan angka caps 99. Jadilah ia memainkan partai ke-100 kala menghadapi Prancis di babak 16 besar. Akan tetapi Yobo harus menyelesaikannya dengan getir setelah Nigeria kalah 0-2 dan dia mencetak gol bunuh diri. (*/dtc)

 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong