Logo Saibumi

5 Fakta Menarik Argentina Vs Belgia

5 Fakta Menarik Argentina Vs Belgia

Tim Belgia | Ist

Saibumi.com, Brasilia - Setiap Argentina berhadapan dengan Belgia ternyata selalu mampu menyedot perhatian banyak orang, khususnya mereka yang hadir di stadion. Pada dua pertemuan mereka di ajang Piala Dunia, penonton yang menyaksikan langsung di stadion jumlahnya mencapai lebih dari 100 ribu orang. 

Argentina akan berhadapan dengan Belgia pada laga perempatfinal Piala Dunia 2014 yang digelar di Estadion Nacional, Brasilia, Brasil pada Sabtu 5 Juli 2014. Sepanjang sejarah, kedua tim telah bertemu empat kali dan Argentina unggul karena menang tiga kali, sedangkan Belgia baru sekali menang.   

Selain itu, pertandingan lawan Belgia nanti juga menjadi catatan bagi Lionel Messi, karena dia akan memainkan pertandingan ke-91 untuk Albiceleste, atau menyamai pencapaian Diego Maradona. Yang menarik, Belgia yang berstatus sebagai negara kecil harus bertemu Argentina yang notabenenya negara dengan luas wilayah besar. 

Berikut catatan menarik jelang Argentina Vs Belgia:
  

• Gol kedua Diego Maradona ke gawang Belgia pada semifinal Piala Dunia 1986 menduduki peringkat keempat dalam pemungutan suara FIFA World Cup Goal of the Century in 2002. Gol solo run Maradona ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986 memenangkan suara penghargaan itu.

• Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Belgia dan Argentina di Piala Dunia dengan penonton yang secara signifikan lebih rendah dari 100 ribu orang, mengingat kapasitas Estadion Nacional hanya 68 ribu. Pada Piala Dunia 1982 sekitar 100 ribu orang menyaksikan laga Argentina versus Belgia di Camp Nou, Barcelona, sementara pada 1986 di Estadion Azteca, Mexico City, pertandingan kedua tim disaksikan 114.500 penonton. 

• Argentina telah memenangkan empat pertandingan pertama mereka di Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah pertama kali melakukannya pada Piala Dunia 1930. Mereka kalah pada pertandingan kelima pada tahun itu, ketika berhadapan dengan Uruguay di final yang berakhir dengan skor 4-2.

• Lionel Messi (42 gol) akan memainkan pertandingan ke-91 dia untuk Argentina, menyamai caps Diego Maradona, atau pemain dengan caps terbanyak keenam sepanjang masa bagi Albiceleste. Mereka berdua membuat debut mereka menghadapi lawan yang sama: Hungaria, Maradona pada tahun 1977 dan pada tahun 2005. 

• Sebagai peserta Piala Dunia, Belgia adalah negara yang memiliki wilayah terkecil, namun mampu menyingkirkan dua negara terbesar, Amerika Serikat di 16 besar dan Rusia di fase grup. Mereka sekarang akan menghadapi Argentina, negara terbesar keempat di Piala Dunia 2014. (*/Vc)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong