Logo Saibumi

Gaal: Kosta Rika Bukan Tim Lemah

Gaal: Kosta Rika Bukan Tim Lemah

Louis van Gaal dan Arjen Robben | Ist

Saibumi.com, Brasilia - Belanda tampil superior di Piala Dunia 2014. De Oranje belum pernah kalah dalam perjalanan mereka di Brasil sejauh ini.

Rekor tak terkalahkan ini bisa saja berlanjut. Belanda akan bersua dengan Kosta Rika di babak perempat final, Sabtu, 5 Juli 2014 (Minggu dini hari WIB). Di atas kertas, Belanda tentu lebih diunggulkan ketimbang wakil Concacaf tersebut.

Namun, Pelatih Belanda Louis van Gaal, tak mau jumawa. Van Gaal merasa Kosta Rika bukan tim lemah yang bisa dianggap remeh oleh pasukannya.

"Kosta Rika dianggap tim yang kurang kuat. Itu anggapan media. Itu bukan kata-kata kami. Kami tak pernah mengatakan hal tersebut," ujar Van Gaal seperti dilansirSportsmole.

Pria yang akan melatih Manchester United itu juga tak mau Robin van Persie dan kawan kawan disebut tim hebat. Dia lebih suka menyebut De Oranje tim yang sulit dikalahkan. 

"Sejauh ini kami telah menunjukkan itu dan saya berharap kami bisa meneruskannya hingga ke final," kata Van Gaal.

Waspadai Diving Robben

Pada pihak lain,  Pelatih Kosta Rika Jorge Luis Pinto mengatakan wasit sebaiknya mempertimbangkan untuk mengusir Arjen Robben dari lapangan jika dia ketahuan melakukan diving lagi di laga perempat-final nanti.

Pinto mengatakan jika dia sangat mencemaskan diving dari Robben dan mendesak wasit dari Uzbek Ravshan Irmantov untuk tidak ragu-ragu memberikan pemain Belanda itu dua kartu kuning jika perlu.

"Kami sangat mengkhawatirkan hal ini, Saya akan meminta FIFA dan para wasit untuk mengawasi Robben," kata dia.

"Menurut saya Robben adalah satu dari tiga atau empat pemain terbaik di dunia. Saya mempunyai laman pribadi, jorgeluispinto.com di mana saya menganalisa dia sebagai seorang pemain. Dia luar biasa, dia pemain hebat."

"Namun di sisi lain, ada kesalahan dalam mengadili di lapangan dan para wasit harus berhati-hati," kata Pinto.

Robben (30) lolos dari hukuman FIFA namun komentar dia memicu banyak kritik dan debat. Dia telah mencetak tiga gol di Piala Dunia ini dan akan kembali memimpin serangan pada laga nanti. "Kami sangat mencemaskan diving Robben. Dia mengaku jika dia melakukan diving jadi saya harap wasit dan asisten wasit selanjutnya sangat berhati-hati nanti."

"Saya sangat menghormati mereka namun saya bilang kepada mereka: waspadalah. Saya harap tidak ada kesalahan... jadi saya minta FIFA dan para wasit untuk waspada karena ini sangat sangat penting dan bisa berdampak terhadap hasil pertandingan," kata Pinto.

Ketika ditanya apakah wasit Irmatov (36) akan mengganjar Robben dengan kartu kuning jika mendapati dia melakukan diving, Pinto menjawab, "mungkin itu akan menjadi penyelesaian yang paling logis."

"Mungkin dia harus meninggalkan lapangan karena dia mendapatkan dua kartu kuning untuk diving. Itu bisa saja terjadi. Namun saya ingin mempercayai para wasit. Kita lihat apa yang akan mereka lalukan nanti," kata Pinto. (*/Vv/Rep)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong