Logo Saibumi

Kantor Polisi Lampung Memberikan Pelayanan Baik Bagi Pelapor

Kantor Polisi Lampung Memberikan Pelayanan Baik Bagi Pelapor

Kepala SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Ipda Wawan Budiharto | Saryah M Sitopu / Saibumi.com

Saibumi.com - Kantor Polisi Memberikan pelayanan yang baik, Prosedur yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar untuk mengurus terkait dengan Laporan polisi. Prihal tersebut di sampaikan oleh, Kepala SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Ipda Wawan Budiharto saat ditemui saibumi.com langsung di ruang SPK Mapolresta Bandar Lampung, Jalan MT Haryono, No15, Bandar Lampung, Selasa, 24 Juni 2014. Dengan rinci Ipda Wawan Budiharto menjelaskan prosedur pembuatan Laporan Polisi.

“Jika ingin Laporan Polisi, masyarakat silahkan langsung bagian SPK kantor Polisi terdekat dengan lokasi kejadian. Bagian SPK dibuka 24 jam oleh petugas. Setiap pelapor ditanya apa yang mau dilaporkan, bagaimana kronologis kejadian, selanjutnya petugas yang bersangkutan akan memberitahu pelapor bahwa hal yang dilaporkan tersebut masuk kriteria pidana umum, kehilangan atau yang lainnya," kata Ipda Wawan Budiharto memulai penjelasannya.

"Untuk tindak pidana pencurian, penggelapan, penipuan, penganiayaan, termasuk kekerasan dalam rumah tangga itu semua termasuk pidana umum. Untuk pelapor kehilangan, hangus akibat kebakaran, akan diberi surat TBL (Tanda Bukti Laporan) sebagai syarat untuk membuat pengganti surat penting yang hilang. Seperti membuat kartu ATM yang baru mengganti yang sudah hilang surat kendaran hilang dan lain sebagainya," jelas Ipda Wawan Budiharto panjang lebar.

"Untuk surat pelapor,  tidak ada masa berlaku untuk tiap surat yang kami keluarkan. Masa berlaku surat yang diterima hingga penyelesaian kasus. Surat itu menjadi alat kontrol pelapor untuk memantau perjalanan penyelidikan hingga pengungkapan kasus yang dilaporkannya tersebut," tambah Ipda Wawan Budiharto lagi.

Proses tanya jawab antara petugas dengan pelapor menjadi penyaring utama dari benar tidaknya hal yang dilaporkan."Terkadang ada pelapor yang bohong seperti ada kejadian laporan kehilangan motor, setelah anggota kami selidiki, laporan tersebut mencurigakan. ternyata pelapor bohong. Pihak pelapor ternyata hanya memanfaatkan untuk mengambil uang asuransi motor," ujar Ipda Wawan Budiharto  sambil mencerita kejadian kepada Saibumi.com.

Ia menambahkan," Laporan Orang Hilang prosedurnya masih  1 x 24 jam baru resmi biasa dilaporkan, melaui prosedur yang sama dan Pelapor akan diarahkan ke Reskrim untuk selanjutnya dimintai keterangan alias di BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Untuk Laporan Polisi kasus pelecehan seksual atau perkosaan yang korbannya dibawah umur harus didampingi oleh orang tua atau kerabat dekat korban langsung."

Motto pelayanan dari SPK Polresta Bandar Lampung adalah Senyum, Sapa dan Salam. "Jadi buat masyarakat yang hendak membuat Laporan Polisi, jangan takut melapor ke polisi. Karena itu kewajiban pelayanan kami kepada masyarakat," pesan Ipda Wawan Budiharto diujung Ipda Wawan Budihartocara. (*)

Laporan wartawan | Saibumi.com, Saryah M Sitopu

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong