Logo Saibumi

Harga Bahan Pokok Naik Pedagang Kecil Menjerit

Harga Bahan Pokok Naik Pedagang Kecil Menjerit

Ilustrasi | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Sejumlah pedagang makanan dan warung nasi di Bandar Lampung mengeluhkan kenaikan sejumlah bahan pokok yang terjadi menjelang bulan Ramadhan 1435 Hijriah.

Atik pedagang makanan dan warung nasi di Telukbetung Utara Bandar Lampung, Jumat, mengatakan kenaikan harga bahan pokok yang bersifat musiman tersebut menurunkan keuntungannya yang selama ini sudah menipis.

"Saya tidak bisa menaikkan harga makanan yang saya jual, karena kalau dinaikkan nanti pembelinya lari," ujarnya.

Sejumlah kenaikan yang dikeluhkannya diantaranya kenaikan harga telur yang dianggapnya cukup signifikan hingga mencapai Rp20 ribu per kilogram.

Selain itu, harga yang dianggapnya naik cukup signifikan yakni ayam potong yang per ekornya saat ini mencapai Rp25 ribuan.

Hal yang sama juga dikeluhkan pedagang makanan lainnya, yang berdagang di kawasan Panjang, Bandalampung, Suryani.

Dia berharap, pemerintah bisa mengatasi lonjakan harga tersebut agar tidak membumbung semakin tinggi.

"Seharusnya hal seperti ini bisa diantisipasi, kan terjadinya setiap tahun," kata pedagang yang sudah sepuluh tahun lebih berdagang soto ayam di Panjang tersebut.

Selain telur dan ayam, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dan bawang putih, yang saat ini nyaris mencapai 40 persen dari dua pekan sebelumnya.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional pada awal pekan lalu, harga bawang merah di Pasar SMEP Bandar Lampung untuk kualitas biasa menyentuh Rp18 ribu/kg, sedangkan super mencapai Rp20 ribu/kg.

Sepekan sebelumnya, harga bawang merah di pasar tersebut masih berkisah sekitar Rp14 ribu/kg.

Kenaikan yang sama juga terjadi pada bawang putih, yang pada awal pekan ini menyentuh Rp12 ribu/kg, dari hanya Rp9 ribu/kg pada pekan lalu.

Selain karena menjelang bulan puasa, hambatan distribusi akibat cuaca buruk diduga menjadi pemicu kenaikan harga sejumlah sayuran dan bahan pokok tersebut.(ant)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong