Logo Saibumi

Sopir Tangki BBM Keluhkan Pungli di Pertamina Panjang
Dugaan Pungli di Depot Pertamina Panjang

Sopir Tangki BBM Keluhkan Pungli di Pertamina Panjang

Ilustrasi | ist

Saibumi.com, Bandar Lampung – Sejumlah sopir pengangkut tangki bahan bakar minyak (BBM) mengeluhkan adanya pungutan liar (pungli) di Depot Pertamina Panjang, Bandar Lampung. Kepada Saibumi.com, mereka mengaku, setiap mengisi BBM harus menyetorkan sejumlah uang ke petugas di depot tersebut, termasuk petugas di bagian faktur.

Besar pungutan tak bisa dibilang kecil. Setiap pengisian, seorang sopir mesti menyetor paling kecil Rp100 ribu kepada petugas. Padahal, dalam sehari, sorang sopir mobil tanki BBM bisa tiga kali masuk depot untuk mengisi BBM.  

“Kami ini sopir serba salah. Saat pengisian (BBM), harus setoran ke bagian faktur Rp100 ribu sampai Rp200 ribu,” kata JN (25), salah satu sopir pengangkut tangki BBM di Bandar Lampung, Sabtu, 3 Mei 2014.

Selain dugaan pungli, pihak Depot Pertamina Panjang juga diduga mengurangi volume BBM. Para sopir mengaku tidak tahu mengapa hal itu dilakukan. “Untuk tangki kami, setiap lubangnya dikurangi sekitar 10 liter. Kalau ada empat lubang, ya bisa 40 liter,” ujarnya.

Hal senada disampaikan ST (35), sopir tangki BBM lainnya. Menurutnya, praktik pengurangan volume BBM tersebut sudah berlangsung lama. Namun, dia tidak menjelaskan untuk apa pengurangan isi BBM tersebut. “Kalau dikurangi itu sudah sejak lama, biasanya 10 liter. Kan bisa dilihat alat meterologinya. Seharusnya lebih tapi berkurang sedikit,” katanya.(*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong