Logo Saibumi

Lampung Kekurangan Dokter Laksanakan Program JKN

Lampung Kekurangan Dokter Laksanakan Program JKN

Ilustrasi | ist

Saibumi.com, Bandar Lampung – Provinsi Lampung masih mengalami kekurangan dokter dan tenaga kesehatan untuk melaksanakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di daerah ini.

Kepala Seksi Pembiayaan dan jaminan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Aries Aviantono, di Bandar Lampung, Selasa, 29 April 2014, menyebutkan, kekurangan semua jenis tenaga kesehatan di daerah ini adalah sebanyak 15.877 orang.

Secara total, dokter yang terdaftar di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung saat ini sebanyak 1.825 dokter umum, 528 dokter gigi, dan hanya 228 dokter spesialis. Mereka melakukan pelayanan kesehatan pada 13 rumah sakit umum dan daerah milik Pemprov Lampung, dua rumah sakit TNI/Polri, 16 rumah sakit swasta, 279 puskesmas, 19 klinik swasta, 13 klinik TNI, dan 12 klinik kesehatan Polri.

Menurut Aries, kondisi itu diperparah dengan masih adanya dokter yang bekerja di rumah sakit tertentu yang tidak mau melayani peserta JKN. Padahal, rumah sakit tersebut sudah menandatangani nota kesepahaman dengan BPJS Kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov Lampung sedang melakukan penjajakan dengan universitas dan perguruan tinggi yang menyediakan sumber daya kesehatan secara masif. "Kami juga giat memberikan beasiswa bagi calon dokter dan dokter spesialis, agar dapat menjadi sumber daya negara untuk mendukung program JKN," ujarnya seperti dilansir Antara.(*)

BACA JUGA: Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong