Logo Saibumi

AJI: Jurnalis Lampung Berangkat Umrah Langgar Kode Etik

AJI: Jurnalis Lampung Berangkat Umrah Langgar Kode Etik

Ketua AJI Bandar Lampung Yoso Muliawan | ist

Saibumi.com, Bandar Lampung – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung menilai, para jurnalis yang berangkat umrah dengan menggunakan APBD melanggar Kode Etik Jurnalistik. Sebab, hal itu berkaitan dengan independensi wartawan.

"Dalam Kode Etik Jurnalistik kan sudah jelas bahwa wartawan harus menjaga independensinya dari kepentingan pihak manapun, khususnya pemerintah. Pewarta yang menerima (perjalanan umrah) bisa dikenakan sanksi tegas,” kata Ketua AJI Bandar Lampung Yoso Muliawan saat dihubungi di Bandar Lampung, Senin, 28 April 2014.

Menurut Yoso, jurnalis dalam bekerja memiliki fungsi kontrol, yakni memantau kekuasaan. Itu sebabnya, juru warta dituntut berimbang dan tidak memihak saat menjalankan aktivitas jurnalistiknya. "Jika dia (wartawan) menerima suap, materi, dan perjalanan umrah atau apapun hadiahnya, maka informasi yang ditulis wartawan tersebut sudah tercampur intervensi pihak asing. Bahkan, sudah tidak terpercaya,” ujarnya.

Sejumlah wartawan dari berbagai media lokal di Lampung diberangkatkan ke Mekah untuk menunaikan ibadah umrah pada Senin. Biaya perjalanan mereka ditanggung dalam APBD tahun 2013. Mereka yang tercatat berangkat, di antaranya Simanjuntak (Jurnalis Koran Harian Editor), Heris (Jurnalis Bandar Lampung News), Katrina (Jurnalis BandarLampung.com), dan Tarman (Jurnalis dari Media Wisata Mingguan).(*)

Laporan wartawan Saibumi.comIrzon Dwi Darma

 

BACA JUGA: Sejumlah Jurnalis Lampung Berangkat Umrah dengan Dana APBD

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong