Logo Saibumi

Pemerintah Beri Ruang Para Raja Kembangkan Adat

Pemerintah Beri Ruang Para Raja Kembangkan Adat

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi I ist

Saibumi.com, Kendari - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan pemerintah memberikan ruang kepada raja-raja dan para sultan di Nusantara untuk menumbuhkembangkan adat masing-masing. Gamawan menyampaikan pernyataan tersebut menanggapi usulan para raja dan Sultan Nusantara yang menghadiri Gelar Pemberdayaan Adat dan Budaya Nusantara Nasional di Kendari, Minggu, 27 April 2014.

"Pemerintah memberikan peluang kepada raja dan sultan untuk menumbuhkembangkan budaya kearifan lokal, agar budaya lokal bisa menjadi benteng dan inspirasi yang segar dalam membangun daerah dan nasional," kata Gamawan seperti dilansir Antara.

Gamawan mengingatkan agar dalam mengembangkan budaya lokal tidak sekedar mempertahankan dan mengingat masa lalu, tetapi bagaimana budaya lokal disandingkan dengan nilai budaya masa kini untuk kemajuan masyarakat ke depan. Menurut dia, dalam mendukung raja dan sultan mengembangkan kebudayaan lokal, pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang nomor 6 tentang desa.

“Pemerintah memberikan keleluasaan kepada para kepala desa dan masyarakat adat, untuk mengembangkan desa sesuai dengan potensi lokal masing-masing desa.  Pemerintah juga telah menyelenggarakan Forum Kebudayaan Dunia ke-5 di Bali tahun 2013 lalu," katanya.

Kebudayaan lokal menurutnya bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa, bahkan mengatasi masalah dunia. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong