Logo Saibumi

Dua Warga Magelang Dikejutkan dengan Penemuan Yoni

Dua Warga Magelang Dikejutkan dengan Penemuan Yoni

Ilustrasi I ist

Saibumi.com, Magelang  - Dua warga Magelang, Jawa Tengah (Jateng) menemukan yoni saat menggali tanah untuk pembuatan batu bata di Dusun Candi, Desa Ringin Anom, Tempuran, tak jauh dari temuan nandi dan fragmen arca dewa.

"Rabu, 23 April 2014, kemarin sekitar pukul 16.00 WIB saya dengan Rokib (25) sedang menggali tanah untuk batu bata, kami malah menemukan dua yoni," kata Samsul Huda (30) seperti dilansir Antara, Kamis, 24 April 2014.

Satu yoni berukuran panjang 58 centimeter, lebar 58 centimeter, dan tinggi 50 sentimeter dengan panjang pahatan berbentuk kepala naga 30 centimeter. Satu lainnya panjang 40 centimeter, lebar 40 centimeter, tinggi 38 centimeter, dan panjang kepala naga 20 centimeter. “Kami juga menemukan pecahan batu yang diduga peninggalan zaman Hindu,” jelasnya.

Saat ditemukan, letak yoni dan pecahan-pecahan batu tidak terlalu jauh, sekitar 50 centimeter.
Temuan yoni dan arca tersebut diletakkan di pekarangan milik warga setempat dan diberi pagar tali rafia. “Pada malam hari temuan itu diterangi lampu dan dijaga bergiliran oleh masyarakat,” ujar Samsul.

Tim arkeologi bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magelang akan melakukan penelitian lebih lanjut terhadap temuan benda tersebut. "Kemungkinan benda ini buatan abad ke-8, zaman Hindu. Pada 2005 di dekat sini juga ditemukan bangunan candi dari batu bata," kata staf Seksi Museum dan Purbakala Disparbud Pemkab Magelang Lilik Eko Karminto. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong