Logo Saibumi

Suratman, 44 Tahun Jualan Bakso Kuliahkan 5 Anaknya (2)

Suratman, 44 Tahun Jualan Bakso Kuliahkan 5 Anaknya (2)

Suratman | Adiyansah Hazka

Saibumi.com, Bandar Lampung - Kebiasaan menabung terus dilakukan Suratman setelah berkeluarga. Menurutnya, di awal tahun 1990 penjual bakso tidak sebanyak saat ini. Tak heran jika keuntungan yang didapat jauh berlipat. “Kalau diuangkan sekarang keuntungan saya sehari sekitar Rp500 ribu,” katanya.

Melihat prospek usaha yang cerah, Suratman memberanikan diri meminjam modal ke Bank Rakyat Indonesia (BRI). Selain untuk tambahan modal usaha, pinjamanitu digunakan untuk membangun rumah.

Suatu ketika Suratman pernah menyewa tempat untuk berjualan bakso. Dia berharap usahanya bisa berkembang dan pelanggannya bertambah. Apa daya, malah kerugian yang didapat. “Saya enggak bisa menutupi biaya sewa. Jadi sampai sekarang saya cuma pakai tenda untuk bedagang,” katanya.  

Prinsip hidup enggak neko-neko terus dipertahankan. Suratman menyadari bahwa perjalanannya masih panjang dan ia ingin menguliahkan anak-anaknya. Ketekunan dan kerja keras itu membuahkan hasil. Kini Suratman seperti hidup mejalani mimpi.

Anaknya yang pertama, Winarni (36), sudah bekerja di perusahaan pembiayaan kredit mobil dan sedang melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Bandar Lampung (UBL). Anak kedua, Eni Mulyani (35), menjabat kepala UGD Rumah Sakit Simpangan Depok, Jawa Barat.

Kemudian anak ketiga, Reni Setiawati (33), menjadi guru di SMA Negeri 1 Liwa, Lampung Barat. “Anak saya yang keempat Erlis Nugroho (26) bekerja di Bank Danamon dan yang kelima Endang Meliasari sedang kuliah di Universitas Lampung. Keduanya masih tinggal bersama saya,” kata Suratman.

Suratman sangat bersyukur atas apa yang sudah diraih saat ini. Bisa mengantar anak-anaknya ke kehidupan yang lebih baik membuat dia merasa bahagia. “Apa pun pekerjaan kita, tekuni dan serius. Yakin saja rezeki akan datang dengan sendirinya,” pesan Suratman.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Adiyansah Hazka

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong