Logo Saibumi

Angka Golput di Perdesaan Lamsel Terbilang Tinggi
Pileg dan Pilgub Lampung 2014

Angka Golput di Perdesaan Lamsel Terbilang Tinggi

Ilustrasi | ist

Saibumi.com, Kalianda – Angka warga yang tidak menggunakan hak suaranya atau golput di perdesaan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung, terbilang tinggi karena masih banyak yang tidak memilih pada Pemilu 2014.

Salah satu petugas PPS di TPS 4 Desa Kertosari, Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan, Supardi, Rabu, 9 April 2014, mengatakan, dari 367 warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) hanya 303 yang menggunakan hak pilihnya. Sedangkan 52 lainnya tidak hadir untuk menggunakan hak pilihnya sampai TPS ditutup.

Selain itu, Petugas PPS di TPS 5 desa yang sama, Sugianto, mengatakan, dari 374 warga yang terdaftar hanya 36 di antaranya tidak hadir untuk menggunakan hak pilihnya. Bahkan, banyak suara yang tidak sah karena banyak warga yang kurang paham tata cara pencoblosan itu. Kemudian, banyak warga yang hanya memilih partai saja karena tidak tahu para tokoh legislator yang akan dipilihnya.

Salah satu warga setempat, Handoyo, mengatakan, memang warga kurang mendapat sosialisasi dari penyelenggara maupun para legislator sehingga banyak yang tidak tahu untuk memilih. Bahkan, sebagian besar warga banyak yang tidak tahu tata cara percoblosan itu karena merupakan warga perdesaan yang berprofesi sebagai petani. "Untuk pemilu ke depan perlu sosialisasi optimal dari petugas penyelenggara," ujarnya seperti dilansir Antara.(*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong