Logo Saibumi

Wahyu Sasongko Apresiasi BPN Tunda IPPT Hotel Pop

Wahyu Sasongko Apresiasi BPN Tunda IPPT Hotel Pop

DISKUSI - Wahyu Sasongko saat berdiskusi di sekretariat LBH Bandar Lampung, Kamis 27 Maret 2014 I Saryah M Sitopu/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Pengamat hukum Universitas Lampung, Dr Wahyu Sasongko mengapresiasi langkah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bandar Lampung yang menunda penerbitan izin perubahan penggunaan tanah (IPPT) untuk Hotel Pop. Penundaan tersebut dilakukan BPN Bandar Lampung karena adanya komplain dari masyarakat sekitar hotel atas persoalan perizinan. 

"Saya memuji langkah BPN Kota Bandar Lampung yang menunda penerbitan IPPT untuk Hotel Pop. Kalau tidak (ditunda) masyarakat akan lebih berat jika harus menempuh jalur hukum, karena harus lewat PTUN," ungkap Wahyu Sasongko dalam diskusi publik di sekretariat LBH Bandar Lampung, Kamis 27 Maret 2014.

Wahyu juga menyarankan masyarakat melaporkan pihak yang mengaku sebagai warga sekitar Hotel Pop dan menandatangani izin pembangunan hotel tersebut. "Itu salah satu upaya secara pidana. Cara lain adalah dengan melapor ke Ombudsman Lampung yang akan mengoreksi perizinan Hotel Pop dari segi pelayanan publiknya," tukas Wahyu.

Lebih jauh Wahyu menilai aspek hukum terkait pendirian Hotel Pop tersebut tergolong rumit. "Ada aspek hukum publik, hukum bertetangga, hukum administrasi negara dan masih banyak lagi. Contoh saja untuk aspek hukum administrasi negara ada syarat formil dan materilnya. Bercabang-cabang makanya rumit," jelasnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong