Logo Saibumi

Warga Sekitar Hotel Pop Kesulitan Air

Warga Sekitar Hotel Pop Kesulitan Air

DISKUSI PUBLIK - Sejumlah warga menyampaikan keluhan soal Hotel Pop dalam diskusi publik di Kantor LBH Bandar Lampung, Kamis, 27 Maret 2014 | Saryah M Sitopu/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Sejumlah warga yang tinggal di sekitar Hotel Pop mengaku kesulitan air. Mereka mengeluh karena ketersediaan air makin berkurang sejak berdirinya tempat penginapan di Kelurahan Durian Payung, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung, itu.

“Air sumur saya kering karena semua air kesedot sumur bor yang dibangun hotel itu. Jadi, untuk salat saja sudah susah untuk mendapatkan air buat wudu,” kata Umi Salmah, warga yang rumahnya berbatasan dengan Hotel Pop, saat diskusi publik di kantor LBH Bandar Lampung, Kamis, 27 Maret 2014.

Selain kesulitan air, perempuan yang menjanda itu juga menyatakan dinding dan lantai rumahnya retak-retak. Bahkan, genting dapurnya pun jebol. “Saya sendiri yang sudah setua ini harus panjat tangga untuk memperbaikinya,” kata dia.  

Keluhan yang sama juga disampaikan Ratna Wilis, warga lainnya. “Masyarakat sekitar Hotel Pop itu mayoritas pedagang. Jadi, sangat butuh ketersediaan air. Kami sudah rugi banyak,” ujar Ratna.

Namun demikian, dia tidak memungkiri bahwa pemilik Hotel Pop mencoba untuk mendatangi warga. Tapi kenyataannya, yang datang malah pengawas pembangunan hotel, bukan pengambil keputusan. Selain itu, warga juga sudah mengirimkan surat somasi, namun tidak berhasil. "Bahkan, justru saya yang sekarang disomasi balik oleh Sopian Sitepu, pengacara pemilik Hotel Pop," kata dia.

Tak jauh berbeda, Siti Nuraini, warga lainnya, juga mengeluhkan keberadaan Hotel Pop. Menurut dia, suara yang ditimbulkan saat pembangunan hotel itu terasa menganggu. Sebab, suaranya mirip suara mesin pesawat yang terbang rendah. “Apalagi sekarang pihak hotel mau membangun lokasi parkir tepat dibelakang dapur saya. Berisik sekali setiap hari. Sudah hampir dua tahun begitu terus. Toleransinya harus sampai kapan? Suami saya punya sakit jantung,” ujarnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong