Logo Saibumi

Donny Irawan, Ketua SMSI Lampung Serukan Penundaan Kenaikan Tarif Penumpang di ASDP Bakauheni - Merak 

Donny Irawan, Ketua SMSI Lampung Serukan Penundaan Kenaikan Tarif Penumpang di ASDP Bakauheni - Merak 

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Donny Irawan, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung, mengeluarkan pernyataan kepada penyelenggara pelabuhan PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) terkait rencana kenaikan tarif penumpang yang dijadwalkan berlaku mulai tanggal 3 Agustus 2023. Donny Irawan menyerukan penundaan kenaikan tarif tersebut dengan pertimbangan kesejahteraan penumpang yang masih terdampak belum pulihnya perekonomian sepenuhnya akibat pandemi Covid-19.

 

Donny Irawan menyatakan bahwa peningkatan tarif penumpang pada saat ini akan memberatkan masyarakat yang telah merasakan dampak ekonomi yang berat akibat pandemi. Meskipun beberapa sektor telah mengalami perbaikan, namun banyak orang yang masih berjuang untuk memulihkan kestabilan finansial mereka. Kenaikan tarif penumpang yang diproyeksikan dapat berdampak pada mobilitas dan aksesibilitas masyarakat, khususnya bagi mereka yang bergantung pada transportasi laut untuk kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA: Sudin Minta Kader PDI Perjuangan di Lampung untuk Selalu Mendengarkan Aspirasi Masyarakat 

 

Tak hanya itu, Donny Irawan juga menyatakan keberatannya terhadap tingkat pelayanan yang saat ini diberikan kepada penumpang di kapal-kapal ASDP. Banyak laporan mengenai keluhan dari penumpang terkait kebersihan dan kenyamanan kapal. Kapal-kapal yang beroperasi masih banyak yang kondisinya kotor dan kurang terawat. Selain itu, kursi yang tidak nyaman dan toilet yang tidak bersih turut menjadi keluhan yang sering disampaikan oleh para penumpang.

 

Donny Irawan meminta kepada pihak ASDP untuk lebih memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan dan sarana kapal sebelum mempertimbangkan kenaikan tarif penumpang. Menurutnya, pembenahan pada tingkat pelayanan dan fasilitas kapal akan meningkatkan kepuasan penumpang dan memberikan nilai tambah bagi ASDP sebagai penyedia layanan transportasi laut.

 

Pernyataan Donny Irawan ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk masyarakat dan organisasi konsumen, yang juga berharap agar kenaikan tarif penumpang ditunda sampai ada perbaikan nyata dalam kualitas layanan dan sarana kapal.

 

Donny Irawan Berharap apa yang dikeluhkan masyarakat yang disampaikan kepada media Saibumi.com untuk ditindaklanjuti pihak Perusahaan BUMN dalam hal ini ASDP. (*)

BACA JUGA: Sudin Minta Kader PDI Perjuangan di Lampung untuk Selalu Mendengarkan Aspirasi Masyarakat 

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA