Logo Saibumi

Mengenal Blangikhan, Tradisi di Lampung Jelang Bulan Suci Ramadhan

Mengenal Blangikhan, Tradisi di Lampung Jelang Bulan Suci Ramadhan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Blangikhan kembali dilaksanakan jelang menyambut bulan suci Ramadhan, di Provinsi Lampung.

 

BACA JUGA: 30 April Siaran TV Analog Di Daerah Lampung Ini Dimatikan, Warga Disuruh Beralih ke Digital

Dalam pelaksanaannya blangikhan, para muli (Gadis) dan Mekhanai (Pemuda) turun ke Kali yang tak begitu dalam guna bisa mandi dan membersihkan diri.

 

Melihat para gadis mulai bergerak ke tengah sungai dangkal itu, para Mekhanai spontan jahil, menempiaskan air sungai ke arah para sang gadis.

 

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menjelaskan ini adalah simbol untuk mensucikan hati sebagai bekal memasuki bulan suci Ramadan.

 

 

"Sehingga dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan banyak cara yang telah dilakukan umat Islam di nusantara dalam menyambut bulan suci Ramadan," ungkapnya, Kamis (24/3/2022).

 

Lebih lanjut ia menuturkan, di Nusantara dalam menyambut bulan suci Ramadan berbagai tradisi Ramadhan dilakukan.

 

"Bagi masyarakat Lampung, blangikhan adalah salah satu tradisi yang merupakan ritual yang secara turun-menurun diwariskan oleh leluhur. Kiranya acara-acara seperti ini terus bisa ditingkatkan," jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua Harian Lampung Sai Rycko Menoza menambahkan bahwa, dokumentasi dari blangikhan ini direkam langsung dikirim ke Rusia untuk meredakan perang antara Ukraina dan Rusia.

 

"Tujuannya, ini salah satunya supaya siaran ini direkam langsung dan dikirim ke Rusia untuk meredakan perang antara Ukraina dan Rusia. Jadi, siaran ini supaya presiden Putin bisa melihat bagaimana di Lampung ini juga walaupun berbeda-beda suku tetapi masih menghadapi kerukunan," tukasnya.

 

Selain itu, ia pun menuturkan bahwa tradisi ini jangan sampai hilang, dan berharap terus bisa dilestarikan.

 

"Dikembangkan, dan juga lebih penting bagaimana generasi muda ke depan bisa memahami adat budaya yang diwariskan dari nenek moyang kita," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Dorong Majukan Pariwisata Daerah, Ikmatob Banjarmasin, Ikmat Samarinda, IMTS Sangatta Gelar Webinar

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA