Logo Saibumi

Waspadai Hal-hal Ini,  Ketika Naik Motor Dekat Kendaraan Besar

Waspadai Hal-hal Ini,  Ketika Naik Motor Dekat Kendaraan Besar

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Idealnya, sebaiknya kita tidak dekat-dekat kendaraan besar seperti truk ketika mengendarai motor.

Namun ada saja momen ketika mau tidak mau harus ada di dekat kendaraan besar ini.  Menurut Dhania, Counter Sales Astra Motor Imam Bonjol, dari segi ukuran, motor sudah jelas-jelas kalah jauh dibanding truk.

BACA JUGA: Melakukan servis motor secara rutin juga akan berdampak pada nilai jual motor.

Ketika berada di dekat kendaraan-kendaraan berbodi superbesar, motor pun berisiko gampang oleng dan terjatuh. Ada sejumlah hal yang tidak boleh luput dari ingatan Anda ketika mengendarai motor di dekat kendaraan besar seperti truk, bus, maupun kontainer, seperti berikut ini.

 

Waspadai blind spot

Kendaraan besar memiliki area buta atau blind spot yang cukup banyak.

Alhasil, banyak kendaraan berukuran kecil, termasuk motor, yang akhirnya tidak terlihat oleh pengemudi truk, bus, maupun kontainer. “Untuk memastikan Anda tidak berada di blind spot, cobalah tengok ke spion kendaraan besar.

Jika bisa melihat wajah sang pengemudi, maka Anda ada di area aman. Namun tetap saja, sebisa mungkin menjauhlah dari kendaraan berukuran besar” kata Dhania.

 

Hati-hati dengan tekanan angin

Ketika berada di sekitar kendaraan besar dalam kecepatan tinggi, berhati-hatilah dengan tekanan angin dari kendaraan tersebut. Anda bisa merasa seakan-akan ‘tertiup’ sampai motor terasa oleng, dan berisiko membuat terjatuh. Demi keamanan, mengalahlah dan berada jauh di belakang kendaraan tersebut.

 

Kendaraan besar tidak bisa berhenti mendadak

Lain halnya dengan sepeda motor yang bisa Anda hentikan secara mendadak ketika mengendarainya, tidak demikian dengan kendaraan besar seperti truk. Oleh karena itu, hindari berada di depan kendaraan tersebut.

Sebab jika Anda ngerem mendadak, pengemudi di belakang ini tidak bisa mengurangi laju kendaraan secara tiba-tiba.(SB05)

BACA JUGA: Program “Novemberia” Promo Khusus Bulan November dari NSS Kedaton

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA