Logo Saibumi

Duh! Pakaian Muslimah Dihujat di Berbagai Penjuru Dunia, Inilah Fakta 4 September Peringati Soal Hari Hijab Internasional

Duh! Pakaian Muslimah Dihujat di Berbagai Penjuru Dunia, Inilah Fakta 4 September Peringati Soal Hari Hijab Internasional

Foto: Pixabay

 Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung International Hijab Solidarity Day (IHSD) atau Hari Solidaritas Hijab Internasional diperingati setiap tanggal 4 September setiap tahunnya. Peringatan ini tercetus bukan tanpa alasan.

 

BACA JUGA: Zimmi Nahkodai Ikaspanda'92 (Ikatan Alumni SMPN 2 Bandar Lampung angkatan 1992)

Viral beberapa bulan lalu dilansir dari BBC News Delhi 21/6/2021 ditemukan puluhan perempuan Muslim di India menemukan diri mereka "dijual" secara daring (online). ini artinya perempuan muslim masih di rendahkan, terlebih pernah terjadi Larangan memakai hijab menjadi isu penting dalam debat publik dan politik sepanjang 1990-an dan 2000-an.

 

Jika wanita tidak berhijab, foto dan akun pribadi mereka di lecehkan dimana-mana ini menunjukan solidaritas umat beragama dinilai masih terus diingatkan. bahwa penting seorang wanita menjaga marwah dan harga dirinya.

 

Namun, Ironi ketika dunia meremehkan pakaian muslimah dengan berani mereka menganggap sebagai simbol ekstremis yang menjadi musuh bersama para penguasa muslim antek Barat. Barat dan kaki tangannya di setiap negeri, berharap umat Islam menjauhi tuntunan syariat.

 

Muslimah di Indonesia mungkin termasuk yang beruntung, lantaran pemakaian hijab di sini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah. Namun sayangnya, kebebasan ini tidak bisa didapatkan oleh banyak muslimah di negara lain. Pasalnya, tak sedikit pemerintah, khususnya di negara Barat, yang melarang warganya untuk memakai sesuatu yang berhubungan dengan simbol-simbol keagamaan, termasuk hijab.

Hal ini akhirnya memicu banyak protes, hingga akhirnya tercetus Hari Solidaritas Hijab Internasional. Untuk mengenal lebih jauh mengenai hari ini, simak fakta-fakta di kutuip dari  Suara.com media patner Saibumi.com soal Hari Solidaritas Hijab Internasional berikut.

 

1. Berawal dari larangan pemakaian hijab bagi muslimah di beberapa negara Eropa

Kala itu, pemerintah Inggris mengeluarkan sebuah larangan bagi mahasiswi di London mengenakan sesuatu yang berhubungan dengan simbol-simbol agama.

Hal yang sama juga terjadi di Prancis yang melarang anak perempuan menggunakan hijab di lingkungan sekolah maupun kampus. Bahkan di Turki, wanita yang mengenakan hijab tidak bisa mendapatkan perawatan medis. Dan wanita yang berhijab di Tunisia akan di penjara dan disiksa.

Larangan ini membuat masyarakat di berbagai negara tersebut marah dan melakukan aksi protes kepada pemerintah.

2. Hari Solidaritas Hijab Internasional lahir di London, Inggris

Aksi protes yang dilakukan oleh masyarakat membuat pemerintah menyelenggarakan konferensi London pada tanggal 4 september 2004. Konferensi ini dihadiri oleh Syeikh Yusuf Al Qardawi, Prof Tariq R, serta 300 delegasi dari 102 organisasi Inggris International dan 35 negara lainnya. Hasil pertemuan para petinggi ini pun menghasilkan dukungan kepada para muslimah untuk bisa bebas mengenakan hijab di tempat umum.

 

3. Penetapan tanggal 4 September sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional

Selain mengizinkan para muslimah untuk bisa bebas mengenakan hijab di tempat umum, Konferensi London juga menetapkan 4 September sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional atau IHSD. Sejak saat itu, muslimah di beberapa negara Eropa seperti Inggris, Prancis, Turki dan lainnya mulai merayakan hak mereka untuk menggunakan hijab.

 

4. Tujuan lain Hari Solidaritas Hijab Internasional

Hari Solidaritas Hijab Internasional juga dicetuskan untuk mendukung muslimah di belahan dunia lain yang masih terintimidasi karena menggunakan hijab. Serta untuk menyemangati semua muslimah agar tidak takut lagi menggunakan hijab di tempat umum terutama di negara Barat.

 

5. Perayaan Hari Solidaritas Hijab Internasional di Indonesia

Muslimah di Indonesia biasa dmerayakan hari ini dengan melakukan aksi damai sebagai bentuk rasa solidaritas kepada muslimah lain yang tak seberuntung mereka. Karena nyatanya, masih banyak diskriminasi yang didapat oleh muslimah lain di luar sana ketika mengenakan hijab. Hari Solidaritas Hijab Internasional juga kerap dimanfaatkan sebagai bentuk syiar untuk mengajak lebih banyak lagi muslimah untuk berhijab.

BACA JUGA: Kisah Perjuangan Penjual Air Bersih Keliling di Telukbetung demi Bantu Warga



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong