Logo Saibumi

Heboh Mixing Vaksin, Kadiskes Bandarlampung: Jangan Coba-Coba 

Heboh Mixing Vaksin, Kadiskes Bandarlampung: Jangan Coba-Coba 

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Masyarakat terutama di Kota Bandarlampung dihimbau untuk tidak melakukan praktik mixing vaksin atau dosis 1 dan dosis 2 menggunakan jenis vaksin Covid-19 yang berbeda.

 

BACA JUGA: Tiga Pelaku Pengeroyokan Driver Ojek Online Ditetapkan Sebagai Tersangka

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, kala menghadiri apel bersama di Halaman Parkir Kantor Pemerintahan Kota Bandarlampung. Jumat (27/8/2021) petang 

 

"Enggak bisa, misalnya sekarang ada moderna, lalu masyarakat mau suntik vaksin yang kedua pake moderna ya gak bisa, kalo dosis pertamanya sinovac. Contohnya gitu, yang jelas gak bisa mixing vaksin," ungkap Edwin Rusli 

 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa vaksin yang sudah tersedia di bandarlampung jenis moderna. 

 

“Kalau datanya berapanya saya lupa, datanya di kantor. Sekarang ada Moderna untuk masyarakat umum, tapi ini diperuntukkan untuk yang belum divaksinasi sama sekali. Sekali lagi diingatkan jangan mixing vaksin, vaksin pertama pakai Sinovac kemudian vaksin kedua pakai Moderna,” jelasnya. 

 

Perlu diketahui, praktik mixing vaksin COVID-19 di Indonesia hanya untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes). Kombinasi vaksin yang dilakukan di Indonesia, yakni Sinovac (dosis 1 dan 2) dan Moderna (booster). 

 

"Khusus praktik mixing vaksin di Indonesia, sejauh ini Kementerian Kesehatan hanya menetapkan peruntukannya untuk booster dosis ketiga bagi tenaga kesehatan," tutur Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, melalui konfrensi pers, Kamis (26/8/2021)

 

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat dan pihak penyelenggara vaksinasi dapat mengikuti vaksinasi sesuai prosedur. Tujuannya, demi melindungi diri sendiri maupun orang-orang terdekat.

 

"Yang terpenting, yaitu vaksinasi akan menjadi sempurna jika dilakukan bersamaan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," tukas Wiku. (Riduan)

BACA JUGA: Pulang Sendirian dari Bimbingan, Laptop Mahasiswi Digasak Jambret



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong