Logo Saibumi

Pemprov Lampung Melalui Dinas Perindag Menggelar Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya 

Pemprov Lampung Melalui Dinas Perindag Menggelar Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya 

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Dalam Rangka mewujudkan Perlindungan Konsumen di Indonesia, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindag menggelar audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya tahun 2021.

 

BACA JUGA: Diduga Korupsi Pembayaran Pajak, Mantan Kepala BPPRD Lampung Tengah Dituntut 1 Tahun Empat Bulan

Rangkaian Kegiatan audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya akan dilaksanakan dari tanggal 25 Agustus sampai 21 September 2021.

 

Pendaftaran Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya akan dibuka sejak 25 Agustus 2021 hingga 5 september 2021 yang diperuntukan bagi kalangan mahasiswa atau mahasiswi berusia maksimal 25 tahun untuk mengikuti audisi yang akan digelar di Aula Kantor Dinas Perindag.

 

Kepala Dinas Perindag Provinsi Lampung Elvira Umihanni di dampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri M.Zimmi Skil menjelaskan Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini diharapkan dapat mendongkrak nilai Indeks Keberdayaan Konsumen menjadi lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

 

" Audisi Duta Konsumen cerdas ini berhadiah uang, piala dan piagam," ujar Zimmi kepada media,26 Agustus 2021.

 

Menurut Zimmi para peserta Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung saat mendaftar langsung mengakses link pendaftaran https://bit.ly/38bG86u untuk mengisi form pendaftaran.

 

Untuk diketahui Audisi Duta Konsumen Cerdas Lampung Berjaya sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat selaku konsumen.

 

Indikator untuk mengukur kesadaran dan pemahaman masyarakat selaku konsumen antara hak dan kewajibannya, serta kemampuannya dalam berinteraksi dengan pasar dituangkan dalam Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK).

 

Pada tahun 2020, Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Provinsi Lampung sebesar 51,04 masuk dalam kategori MAMPU. 

 

Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat Lampung selaku konsumen telah mampu menggunakan hak dan kewajibannya dalam menentukan pilihan terbaik termasuk menggunakan produk dalam negeri bagi diri dan lingkungannya.

 

IKK Lampung lebih besar dari IKK Nasional yaitu sebesar 49,07, ini membuktikan bahwa program Pemberdayaan Konsumen yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung mampu memberikan sumbangsih yang cukup besr terhadap peningkatan nilai IKK secara nasional.

 

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan perlindungan kepentingan antara konsumen dan pelaku usaha.(SB05)

BACA JUGA: LBH Dampingi Driver Ojek Online yang Dikeroyok Karyawan Resto



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong