Logo Saibumi

Waspadai Peredaran Rokok Ilegal di Bandarlampung, Ini Ciri-Cirinya 

Waspadai Peredaran Rokok Ilegal di Bandarlampung, Ini Ciri-Cirinya 

Foto: Ilustrasi Cukai Rokok (Riduan)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Belum lama ini Unit Tipiter Satreskrim Polresta Bandar Lampung. Berhasil mengamankan ratusan rokok tanpa pita cukai di Tanjung Senang, Kota Bandarlampung, Minggu (22/08/2021).

 

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Lampung Rabu 25 Agustus 2021

Diketahui pria berinisial P itu, sudah memperjualbelikan rokok ilegal tersebut sejak 3 bulan diseputar wilayah Bandarlampung.

 

Masyarakat dibuat bingung, bagaimana cara orang awam agar bisa membedakan rokok ilegal dengan legal.

 

Pasalnya Konsumen rokok Indonesia tetap menginginkan rokok yang terjangkau ditengah harganya yang terus meningkat akibat kenaikan cukai rokok. 

 

'"Agak bingung sih bedain rokok legal sama ilegal, kalo kita mah yang penting murah terus bisa ngasep," ungkap Tedi warga Tanjung Senang saat saibumi.com mintai tanggapan perihal rokok ilegal. Rabu (25/8/2021).

 

Sementara itu saat saibumi.com menilik laman resmi Bea Cukai. Bea cukai menjelaskan perbedaan antara rokok legal dan rokok ilegal, adapun ulasannya sebagai berikut:

 

1. Rokok legal memiliki pita cukai yang dilekatkan pada kemasannya. Sedangkan rokok ilegal berupa rokok polos yang tidak dilengkapi dengan pita cukai.

 

2. Rokok legal memiliki pita cukai asli yang sesuai dengan desain cukai 2020. Yaitu memiliki hologram dan cetakan yang jelas dan tajam. Sedangkan rokok ilegal terkadang dilengkapi pita cukai palsu yang warnanya tak jelas, seperti memudar.

 

3. Terkadang rokok ilegal juga ditempel pita cukai bekas yang sudah pernah dipakai. Jadi terlihat jelas ada sobekan, kerutan, lusuh, dan terlihat pita cukai tidak begitu melekat pada kemasan

 

4. Rokok ilegal memiliki pita cukai yang tak jelas peruntukannya. Tak sesuai dengan nama perusahannya, jumlah batangnya, atau jenis produknya.

 

Selain itu Bea Cukai juga mempunyai call center di Bravo Bea Cukai 1500225 yang terhubung selama 24 jam.

 

"Bagi masyarakat yang merasa curiga dengan produk rokok bisa menghubungi call center tersebut," pungkas Bea Cukai. (Riduan)

BACA JUGA: Pemerintah Provinsi Lampung Tanggapi rencana Penerapan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Lampung



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong