Logo Saibumi

Jembatan Way Rarem Ditutup, Ini Penjelasan dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung 

Jembatan Way Rarem Ditutup, Ini Penjelasan dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung 

Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Lampung Utara - Jembatan Way Rarem di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinteng), Desa Aji Kagungan, Kecamatan Abung Kunang, Kabupaten Lampung Utara di tutup mulai Senin 23, Agustus 2021, pukul 06:00 WIB hingga 6 September 2021.

 

BACA JUGA: Jembatan Way Rarem Lampung Utara Ditutup Selama 2 Minggu, Jalur Dialihkan Kesini

Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung menjelaskan, penutupan total di jalan tersebut karena ada perbaikan Jembatan Way Rarem. 

 

"Penanganan perbaikan jembatan Way Rarem di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara saat ini sudah mulai melaksanakan penggantian lantai jembatan. Jembatan yang terletak di jalur lintas tengah ini merupakan jalur utama logistik, yang dilalui ramai kendaraan kecil maupun kendaraan dengan tonase besar, bahkan kendaraan over dimensi dan over load (odol)," tulis BPJN pada laman resminya, Minggu (22/8/2021)

 

Lebih lanjut BPJN mengatakan, untuk mengerjakan perbaikan lantai jembatan ini, BPJN Lampung melaksanakannya dengan metode setengah jalur (side by side), di mana satu jalur dilakukan perbaikan dan jalur lainnya tetap dilalui oleh kendaraan.

 

"Jembatan Way Rarem merupakan Jembatan Type Baja Australia (RBA) dengan bentang 46,20 m dan lebar 6,00 m yang dibangun pada tahun 1987. Seluruh lantai Jembatan Way Rarem diganti dengan lantai double tee dengan sistem precast. Pada saat pelaksanaan pekerjaan beton double tee juga akan digunakan metode side by side, dengan lebar jalan yang bisa dilalui kendaraan hanya 2.7 m dan muatan tonase maksimum kendaraan sebesar 15 ton," jelas BPJN 

 

Selain itu, pada pekerjaan lantai dengan double tee, akan dilaksanakan grouting (pemberian semen antar sambungan balok T) dengan menggunakan semen beton dan aditif yang dapat membuat campuran beton lebih cepat mengeras. Agar grouting ini mendapatkan hasil yang maksimal, diharapkan tidak ada kendaraan yang melintasi way rarem pada proses grouting yang memakan waktu ± 6 jam.(Riduan)

BACA JUGA: KPK Sidik Kasus Dugaan Gratifikasi Pemkab Lampung Utara



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong