Logo Saibumi

Tahukah Kamu? Ekstrak Sambiloto Berkhasiat Bagi Sistem Imun dalam Melawan Virus  COVID-19

Tahukah Kamu? Ekstrak Sambiloto Berkhasiat Bagi Sistem Imun dalam Melawan Virus  COVID-19

Saibumi.com (SMSI), Info sehat - Ekstrak sambiloto secara empirik telah digunakan untuk meredakan berbagai gejala ringan infeksi virus seperti seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Kabar baiknya, sebuah penelitian yang dilakukan Pemerintah Thailand menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto efektif membantu proses penyembuhan pasien COVID-19 dengan gejala ringan.

 

BACA JUGA: Kemenag Tiadakan Salat Idul Adha Di Masjid Selama PPKM Darurat

Sistem imunitas pada dasarnya merupakan mekanisme tubuh manusia dalam mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya yang berasal dari dalam maupun luar tubuh. Bahaya yang dimaksud contohnya adalah infeksi mikroorganisme baik itu infeksi virus, bakteri, jamur, maupun parasit.

 

Memelihara dan meningkatkan kinerja sistem imunitas sangat krusial di masa-masa pandemi untuk mencegah tertular COVID-19. Menjaga kinerja sistem imunitas perlu dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan dengan cara memperhatikan asupan nutrisi bergizi seimbang, tidur cukup, dan rutin melakukan aktivitas fisik.

 

Selain itu, kita perlu juga mengendalikan kondisi penyakit penyerta jika ada, menghindari rokok, dan konsumsi suplemen kesehatan untuk memenuhi kebutuhan zat tertentu yang seringkali tidak tercukupi melalui asupan sehari-hari.

Beberapa suplemen yang baik dikonsumsi selama masa pandemi COVID-19 di antaranya adalah vitamin dan mineral penguat imunitas (immune booster) serta herbal yang dapat memodulasi atau menyeimbangkan respon imun (immunomodulator).

 

Herbal sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan salah satu herbal asli Indonesia yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19. Sambiloto telah lama diketahui memiliki khasiat sebagai imunomodulator atau imunostimulasi sekaligus antiradang dan antivirus.

 

Selain terbukti secara empirik, sebuah penelitian bio-informatika dan in-vitro baru-baru ini membuktikan khasiat sambiloto sebagai antivirus terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa senyawa-senyawa aktif dalam sambiloto, terutama senyawa andrographolide dapat berikatan dengan protein virus SARS-CoV-2. Melalui serangkaian mekanisme, senyawa tersebut kemudian dapat menghambat replikasi virus SARS-CoV-2. Senyawa ini juga mampu mengurangi peradangan akibat infeksi.

 

BACA JUGA: Tips Saat Melakukan Isoman Bagi Pasien Covid-19



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong