Logo Saibumi

Membalikkan Teori Bisnis
Agus Sahlan Mahbub

Membalikkan Teori Bisnis

Agus Sahlan Mahbub | ist

Saibumi.com – Pernah menjadi aktivis LSM antikorupsi, kini Agus Sahlan Mahbub dikenal sebagai pengusaha percetakan dan banner sukses di Lampung. Unit usahanya tersebar di Bandar Lampung, Metro, Bandarjaya, hingga Unit II.  Menekuni usahanya sejak 2004, Agus Sahlan kini mulai menuai hasilnya.

“Saya memulai usaha dari nol,” ujar ayah dua orang anak ini.

Lahir dari keluarga sederhana, tak banyak materi yang didapat Agus dari orangtuanya. Namun, ia punya keyakinan untuk sukses. Untuk itu, tidak cukup kerja keras, tetapi juga harus cerdas.

Awalnya, lulusan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung ini sempat menerapkan disiplin keilmuannya dalam usaha. Ia mencatat setiap transaksi dalam sebuah pembukuan yang rapi seraya menyimpan nota penjualan dan pembelian. “Ini semua justru menyita waktu dan tenaga. Mestinya saya fokus cari pelanggan,” cerita Agus.

Ia kemudian mempermudah cara kerjanya. Salah satunya  dengan menyimpan semua pemasukan dalam rekening khusus. Pada akhir bulan dilihat, apakah jumlah uangnya bertambah atau malah berkurang. Meski begitu, saat usahanya mulai maju seperti sekarang, Agus kembali menerapkan pembukuan dan laporan yang rapi.

“Artinya, ilmu yang kita dapat saat kuliah tidak harus diterapkan di semua level usaha,” terang warga Jalan Kopi Arabika, Gedungmeneng, Bandar Lampung ini.

Agus juga punya keyakinan bahwa dalam menjalankan usaha, kualitas merupakan hal utama yang harus diberikan kepada pelanggan. “Jadi tidak asal memberikan harga murah. Kualitas terjaga dan pelayanan baik, pasti dicari oleh konsumen,” kata Agus.

Ke depan Agus memiliki mimpi membangun usaha percetakan yang modern dan berbasis teknologi terbaru di Bumi Lada.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Habib Mawandhi

BACA JUGA: Investasi Belum Banyak Sentuh Industri Kecil

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong