Logo Saibumi

OJK Bandarlampung Sosialisasi Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (AAPK) ke Insan Media

OJK Bandarlampung Sosialisasi Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (AAPK) ke Insan Media

Sabumi.com (SMSI) Bandarlampung - Otoritas Jasa Keuangan Bandarlampung mengundang 85 insan media dalam rangka acara media update kinerja industri jasa keuangan triwulan IV tahun 2020 dan sosialisasi aplikasi portal perlindungan konsumen (AAPK). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Horison, Rabu (17 Februari 2021).

Menurut Dwi Krisno Yudi Pramono, tugas OJK yaitu mengatur, mengawasi, dan melindungi. Perlindungan konsumen penting karena penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa yang efektif dan efisien, memperkuat perlindungan konsumen, meningkatkan kepercayaan terhadap PUJK dan marketnya (product confidence) dan mendukung perkembangan sektor jasa keuangan dan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

BACA JUGA: Aparat Gabungan di Ngasem Bojonegoro Laksanakan Operasi PPKM Skala Mikro di Jalan

"Manfaat penggunaan APPK bagi konsumen ialah mudah menyampaikan pengaduan ke PUJK, mudah memantau penanganan yang sedang dilakukan PUJK, mudah meneruskan sengketa-sengketanya ke LAPS. Untuk PUJK sendiri manfaatnya yaitu mudah mengelola pengaduan konsumen, mudah menginformasikan tindak lanjut penanganan ke konsumen, mendapatkan informasi berharga untuk perbaikan produk dan layanannya. Sedangkan untuk LAPS manfaatnya adalah mudah menerima permintaan penyelesaian sengketa, mudah mendapatkan dokumen pengaduan, mudah menginformasikan tidak lanjut penanganan sengketa ke konsumen. Dan untuk OJK sendiri yaitu memastikan pengaduan ditangani PUJK, memastikan sengeketa ditangani LAPS, mendapatkan informasi pengaduan berindikasi pelanggaran, penyempurnaan ketentuan dan pengawasan," ujarnya.

Dwi menambahkan, cara mengakses APPK bagi konsumen yaitu dengan mengaksesnya di browser https://kontak157.ojk.co.id lalu pilih pengaduan online dan selanjutnya mengisi form pengajuan pengaduan yang ada. Sedangkan untuk mengeceknya, konsumen bisa memilih menu ticketing lalu cek pengaduan online dan memasukkan nomor pin. (Saibumi)

BACA JUGA: Polda Lampung Lakukan Scientific Crime Investigation untuk Dalami Kasus Pembuangan Limbah Medis di TPA Bakung Teluk Betung



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong