Logo Saibumi

Pemprov DIY Dukung Saber Budaya Menoreh Kembangkan Pariwisata Kulonprogo

Pemprov DIY Dukung Saber Budaya Menoreh Kembangkan Pariwisata Kulonprogo

Saibumi.com (SMSI) Yogyakarta - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) melalui Dinas Pariwisata Provinsi DIY, menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan Saber Budaya Menoreh yang berhubungan dengan pariwisata.

Ini terlihat dari hasil audensi Saber Budaya Menoreh dengan Dinas Pariwisata Provinsi yang difasilitasi Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Selasa (16/2/21).

BACA JUGA: Dealer Honda NSS Kedaton Hadir di Virtual Expo 2021

Melalui Wardoyo (Kabid Pengembangan Kapasitas Dispar Provinsi) dan Sri Purwanti (Kasi Kelembagaan Pariwisata Dispar Provinsi) meminta agar Saber Budaya Menoreh berkoordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata Kabupaten.

"Sebelum melangkah, alangkah baiknya Saber bisa mendalami Riparda (rencana induk pengembangan daerah wisata) agar tahu langkah apa yang harus dilakukan kedepannya," jelas Sri Purwanti.

Lebih lanjut Sri Purwanti menambahkan apabila Saber sudah mengetahui Riperda yang saat ini baru disusun Dispar kabupaten, baru bisa memetakan, mengikuti pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan desa wisata, penguatan desa wisata sehingga dapat bermitra dengan pengelola desa wisata.

Sementara itu, Saryanto (Kabid Pemasaran Dispar Kabupaten Kulonprogo) yang ikut mendampingi Saber menegaskan bahwa kegiatan di tahun 2021 yang didanai APBD atau Danais ada 3 kegiatan.

"Ada 3 kegiatan yang didanai APBD atau Danais dan berkaitan dengan Riparda Kabupaten, saya akan berkoordinasi dahulu dengan bapak Kadispar Kabupaten," jelasnya.

Tiga (3) kegiatan tersebut jelas Saryanto, yang pertama atraksi di tempat pariwisata yang menonjolkan kesenian tradisional, kedua ada Kiskendo Meraih Suara yang akan dilaksanakan di Oktober 2021, dan juga Romansa Pansela (Pantai Selatan) yang akan dilaksanakan di Juni atau Juli 2021.

"Ada juga kegiatan menoreh ke menoreh yang rencana kegiatannya dipusatkan di Kalibawang," paparnya.

Dalam pertemuan (audiensi) tersebut, dari Saber Budaya Menoreh hadir langsung R. Kawarna (Ketum Saber Budaya Menoreh), Rismi Sudarti (Bendahara), didampingi Saryanto (Kabid Pemasaran Dispar Kabupaten Kulonprogo).

Sekilas Tentang Saber Budaya Menoreh

Perkumpulan Saber Budaya Menoreh yang pada awalnya bernama Ormas Mekar Budaya Kulonprogo Binangun Yogyakarta berdiri pada 29 April 2020. Kemudian pada 3 Juli 2020 berubah nama menjadi Perkumpulan Saber Budaya Menoreh. Ini sesuai dengan surat yang dikeluarkan SK Menteri Hukum dan HAM AHU - 05834.AHA.01.07.2020

Perkumpulan Saber Budaya Menoreh (SBM) mempunyai tujuan, visi dan misi yang sangat jelas dan dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Rismi Sudarti (Bendahara SBM) mengatakan, tujuan pendirian adalah untuk menyalurkan minat dan bakat seniman anggota SBM pada khususnya dan masyarakat Kulonprogo pada umumnya.

"Jadi, SBM mempunyai fungsi sebagai wadah menumbuhkembangkan minat bakat tiap individu," jelasnya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (17/2/21) pagi.

Lebih lanjut Rismi mengatakan, selain bidang seni budaya, SBM juga mempunyai program kerja meliputi kesehatan, pariwisata, sosial, pendidikan, pertanian, ekonomi, informasi dan komunikasi.

"Alhamdulillah SBM saat ini dipercaya oleh Dispar Kab. Kulonprogo untuk menampilkan kesenian Gadon Siter di New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA)," lanjut Rismi.

Rencana penampilan kesenian Gadon Siter tersebut untuk penyambutan tamu yang datang ke Yogyakarta pada 7 Maret 2021. (wawan)

BACA JUGA: Ribuan Panitia Pilkakon Pringsewu Jalani Rapid Tes

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong