Logo Saibumi

Beda Nasib Sopir Bus Pariwisata dan Travel di Lampung saat Pandemi Covid-19

Beda Nasib Sopir Bus Pariwisata dan Travel di Lampung saat Pandemi Covid-19

Foto: Lita/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Bus Pariwisata semakin sepi penumpang di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini. Para pengemudi bus pariwisata pun terkena imbasnya.

Dina, karyawan PHB Wisata mengatakan, sejak Maret 2020 lalu sampai sekarang terjadi penurunan penumpang yang menggunakan jasa bus pariwisata.

BACA JUGA: Rayakan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili, PSMTI Lampung Bagikan 100 Bingkisan kepada Pelajar Tionghoa

Kondisinya memprihatinkan dan persaingan pun semakin ketat.

"Biasanya kalau hari-hari libur ramai. Sekarang hampir tidak ada. Sopir-sopir di sini sekarang bekerja sampingan, ada yang mengurus sawah, menjadi ojek online, kerja di bengkel dan lainnya," kata dia, Sabtu, 13 Februari 2021.

Dina mengungkapkan bahwa para sopir tersebut hanya datang sesekali, sekedar untuk memanaskan mobil saja.

Ia juga menyebutkan jika para karyawan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Bus juga dilengkapi dengan hand sanitizer dan menetapkan aturan menjaga jarak.

"Dulu sering jalan, sekarang tidak, karena penumpang biasanya berat di aturan yakni harus menyerahkan surat keterangan tes antigen yang lumayan mahal dan khawatir juga dengan penularan Covid ini. Selain itu, banyak juga tempat-tempat wisata yang tutup," tambahnya.

Berbeda dengan Rufi, seorang sopir travel. Menurutnya penumpangnya meningkat dibandingkan dulu karena kini banyak penumpang yang memilih menggunakan travel sebagai sarana bepergian.

"Sekarang lumayan, setiap hari pasti ada kalau dulu jarang-jarang. Banyak penumpang yang pesan untuk pergi-pergi, tapi hanya di wilayah Lampung saja," ujarnya.

Rufi juga mengatakan bahwa ia menggunakan mobil pribadinya sebagai alat transportasi travel ini sehingga kapasitasnya lebih kecil dan tidak banyak orang. (Lita)

BACA JUGA: Perayaan Imlek 2572, Vihara Amurwa Bhumi Graha Bandar Lampung Berbagi Rejeki kepada Warga



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong