Logo Saibumi

Kasus Covid-19 di Lampung Kian Tinggi, IDI Setuju Penambahan Tenaga Kesehatan

Kasus Covid-19 di Lampung Kian Tinggi, IDI Setuju Penambahan Tenaga Kesehatan

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung setuju adanya penambahan tenaga kesehatan (Nakes) yang mengurusi pasien Covid-19.

Ini dikarenakan jumlah tenaga kesehatan yang ada mulai berkurang. 

BACA JUGA: Alasan Ibu di Bandar Lampung Bunuh Bayinya: Wajah Mirip Selingkuhan

Berkurang karena banyak tenaga kesehatan yang juga terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, untuk menutupi kekurangan tenaga kesehatan akibat terinfeksi Covid-19, penambahan jumlah tenaga kesehatan menjadi solusi. 

Wakil Ketua IDI Lampung dr Boy Zaghlul Zaini MKes mengatakan, penambahan jumlah tenaga kesehatan juga diperlukan karena kasus COVID-19 di setiap daerah mengalami peningkatan.

"Adanya wacana penambahan rasio nakes oleh pemerintah pusat saya kira itu bagus karena sekarang kan sudah banyak nakes yang terinfeksi COVID-19," kata dr Boy Zaghlul Zaini, Senin (8/2/2021).

Jika makin banyak tenaga kesehatan terpapar Covid-19 dan penambahan kasus positif Covid-19 makin banyak, ditakutkan dr Boy, tidak ada yang merawat pasien Covid-19, sehingga memang sangat diperlukan penambahan nakes untuk saat ini.

"Kita lihat sekarang semua rumah sakit rujukan  hampir penuh, lalu nakes banyak yang terpapar, kasian juga ini baik nakes maupun pasiennya. Makanya saya sangat setuju bila ada penambahan jumlah tenaga kesehatan," kata dia, dilansir Suaralampung.id.

Namun, lanjut dia, hal itu semua harus dikoordinasikan terlebih dahulu antara pemerintah pusat dan daerah seberapa banyak rumah sakit memerlukan penambahan tenaga kesehatan.

"Kalau untuk rumah sakit swasta tentunya itu kebijakan masing-masing mereka mau menambah nakes atau tidak, tapi kalau RS pemerintah ini perlu dikoordinasikan dahulu. Saat ini pun pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang mempermudah nakes untuk tetap bisa bekerja atau bertugas merawat pasien," kata dia.

Hal senada diungkapkan Ketua IDI Bandar Lampung dr Aditya M Biomed.

Namun, menurutnya apabila memang akan ada penambahan rasio tenaga kesehatan pemerintah ataupun pihak rumah sakit tidak bisa sembarangan dalam perekrutannya.

"Nakes yang direkrut juga baiknya harus berkualitas dan sehat. Minimal ada surat yang menyatakan mereka untuk bertugas merawat dan lain-lainnya, terlebih sehat ini penting karena kan umpanya kita mau perang kalau yang diambil sakit bukanya membantu nanti menyusahkan," kata dia. (*)

BACA JUGA: Polisi di Bandar Lampung Tangkap Ibu Pembunuh Bayinya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong