Logo Saibumi

Lengkap! Inilah Perbandingan Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro

Lengkap! Inilah Perbandingan Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro

Saibumi.com - Saat ini, mobilitas masyarakat perkotaan terus meningkat semakin tinggi.

Ini ditandai dengan dua hal, yaitu aktivitas dan digital.

BACA JUGA: Tuai Polemik, WhatsApp Resmi Tunda Kebijakan Privasi Baru hingga 15 Mei 2021

Kedua hal tersebut saling berhubungan satu sama lain.

Maka dibutuhkan perangkat yang mumpuni untuk mendukung setiap kegiatan masing-masing orang.

Terutama bagi kaum pekerja yang sangat sibuk dengan segudang aktivitasnya.

Smartphone atau ponsel pintar adalah perangkat yang saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting.

Bahkan saat ini banyak tersedia berbagai jenis, merk dan fitur yang bisa mempermudah segalanya.

Oppo resmi meluncurkan smartphone Oppo X2 dan X2 Pro di Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, tepatnya di bulan Maret.

Oppo harus membuat penggemar Find X series menunggu selama dua tahun demi meluncurkan duo flagship barunya ini.

Berbeda dari tahun 2018 lalu, di mana Oppo hanya meluncurkan satu smartphone Find X, tahun ini Oppo merilis dua model sekaligus.

Tentu saja keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.

"Masing-masing seri akan memiliki target market," jelas Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia pada saat peluncurannya waktu itu.

Salah satu keunggulan Find X2 series ada di sektor layar yang diistilahkan dengan nama Ultra Vision Screen.

"Layar adalah bagian penting yang pasti kamu pertimbangkan sebelum membeli smartphone. Itu sebabnya, layar adalah hal penting sehingga kami memperkenalkan ultra vision screen," jelas Michael Tran, Head of Strategy & Product Marketing Oppo Western Europe di kala peluncurannya saat itu.

Series Find X2, merupakan smartphone dengan rancangan sempurna.

Tidak hanya secara teknologi, tetapi juga desain waterfall screennya.

Smartphone yang memberikan profesionalitas, kenyaman, dan entertainment yang menawan, dibalut dengan teknologi mobile terdepan.

Peluncuran seri Oppo Find X2 merepresentasikan Oppo untuk menjadi yang terbaik. Dengan inovasi yang konsisten di semua aspek penting, Oppo mengklaim ingin menciptakan standar baru untuk smartphone flagship, terutama di era 5G saat ini.
Layar kedua smartphone ini identik. Baik Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro mengusung desain punch hole atau lubang kamera yang tersemat di pojok kiri atas. Saat ini kedua produk tersebut sudah bisa kamu dapatkan dengan harga masing-masing 14 jutaan Rupiah dan 17 jutaan Rupiah.
Yap, jarak harganya lumayan signifikan. Lalu, apa saja yang membedakan kedua smartphone canggih tersebut? Untuk mengusir rasa keraguanmu, yuk langsung saja simak perbandingan Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro, di bawah ini:
1. Ruang Penyimpanan
Kedua smartphone Series Find X2 ini memiliki sektor jeroan atau hardware yang berbeda. Adapun, persamannya, kedua smartphone Series Find X2 ini tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.
Selain itu, keduanya sama-sama dibekali RAM sebesar 12 GB. Perbedaan selanjutnya bisa kamu temukan pada kapasitas memori internal alias storage. Untuk Find X2, OPPO membenamkan ruang penyimpanan data sebesar 256 GB, sementara pada Find X2 Pro lebih besar dua kali lipat, yakni 512 GB.
Adapun jenis memori internal keduanya sama, yaitu LPDDR5 dan UFS 3.0. Yang pasti, untuk urusan storage kedua smartphone Series Find X2 ini sudah menggunakan teknologi yang memiliki kecepatan transfer data tinggi.
2. Sensor Kamera
Meski sama-sama menjanjikan kemampuan fotografi kelas atas, Find X2 dan Find X2 Pro mengusung konfigurasi kamera yang sedikit berbeda. Pada Find X2 Pro, OPPO menggunakan sensor Sony IMX689 48 megapixel f/1.7 dengan ukuran sensor yang besar.
Sementara pada Find X2, kamu disuguhkan kamera 48 megapixel dengan sensor Sony IMX586. Selain itu, kamera dengan lensa ultra-wide keduanya juga berbeda. Jika pada Find X2 Pro OPPO menawarkan resolusi 48 megapixel dengan sensor Sony IMX586, versi non-Pro dibekali kamera ultra-wide 12 megapixel dengan sensor Sony IMX708.
Walaupun secara hardware tidak sama, baik Find X2 maupun Finx X2 Pro didukung fitur penunjang fotografi seperti Ultra Night Mode 3.0 untuk pemotretan di malam hari, serra Ultra Steady Video Pro untuk merekam video yang stabil tanpa bantuan gimbal.
Sementara secara fisik, perbedaan kamera keduanya sudah terlihat dengan jelas di bagian punggung keduanya. Susunan kamera utama Oppo Find X2 Pro berupa lensa periskop berbentuk persegi, lalu ada dua lensa bulat di bawahnya dan LED Flash.
Di tengah, ada lensa ToF (time of flight) untuk kebutuhan fitur 3D dan efek bokeh. Sementara susunan kamera Find X2 adalah tiga lensa bulat tersusun vertikal, ditambah LED flash di paling bawah.
Oppo juga memperkenalkan mode malam baru yakni ultra dark mode 3.0 dan mode ultra macro untuk memotret atau merekam obyek dengan detail. Untuk kamera depan, resolusinya sama dengan Find X2 yakni 32 megapiksel.
Khusus layar versi "Pro" telah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya tahan akan air dan debu. Jeroan Find X2 Pro mirip dengan Find X2. Seperti di bagian prosesor yang mengadopsi chip Snapdragon 865.
3. Performa Chipset
Kedua smartphone Series Find X2 ini juga memiliki diagonal layar yang sama, yakni 6,7 inci dengan panel OLED dan resolusi 3K QHD Plus. Selain itu, Find X2 dan Find X2 Pro juga didukung fitur kekinian yakni layar dengan refresh rate 120 Hz.
Fitur ini banyak diburu oleh gamer mobile karena menawarkan grafis yang lebih mulus. Layar kedua seri juga dilindungi Corning Gorilla Glass 6 yang secara teori bisa meminimalisir benturan ketika jatuh diketinggian maksimal satu meter.
Oppo juga menanamkan teknologi barunya bernama 01 Ultra Vision Engine. Teknologi ini menawarkan pengalaman menonton video lebih jelas dan minim blur. Pasalnya, 01 01 Ultra Vision Engine memungkinkan untuk menonton video 60 fps, bahkan 120 fps.
Peningkatan ini cocok untuk menonton video olahraga yang banyak memuat gerakan cepat. Teknologi ini juga bisa mengkonversi video dari SDR ke HDR.
Dengan mengintegrasikan perekaman video 10bit, pixel-level real-time grading exposure, dan kalibrasi warna video, Find X2 Pro menjadikan highlights dan bayangan dalam rekaman dengan cahaya belakang lebih jelas dan memberikan efek video yang lebih bertekstur.
Dengan begitu, pengguna pun dimanjakan dengan kenyamanan dalam melihat video dan bermain game. Selain itu, nantinya pengguna juga bisa merasakan kualitas layar dengan warna yang lebih akurat dan nyata.
Beranjak ke urusan dapur pacu, Oppo Find X2 Series adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 865 Mobile Platform untuk memastikan performa yang mulus.Untuk secara efektif mengatur jaringan yang kompleks seperti 4G, 5G, dan WiFi.
Teknologi ini mendukung 5G + 4G dual-receiver, dual-card, dan dual-standby dengan jaringan yang lebih stabil. Perangkat ini mampu secara mulus berpindah sistem jaringan sesuai dengan kondisi jaringan.
Di sisi lain, Oppo Find X2 Pro adalah smartphone pertama yang mendukung All Pixel Omni-directional PDAF dengan kemampuan mencapai 100% pixel focusing dan omnidirectional focusing.
Find X2 Pro juga memiliki Chip driver OIS terbaru yang dikombinasikan dengan teknologi image multi-focus fusion dan ultra-resolution algorithm untuk memastikan konsistensi warna dan white balance saat berganti kamera.Hal ini menjadikan proses zoom lebih alami dan mulus.
4. Zoom Kamera
Kamera tele alias zoom menjadi salah satu fitur yang dikedepankan oleh OPPO melalui Find X2 Series. Tapi yang perlu digarisbawahi, kemampuan keduanya tidak sama. Kamera Find X2 dan Find X2 Pro punya kemampuan zoom foto yang tinggi, namun tentu kamera Find X2 Pro lebih tinggi tingkatannya.
Kamera Find X2 Pro memiliki kamera periskop khusus beresolusi 13 MP dengan kemampuan zoom hingga 10x hybrid zoom dan 60x digital zoom. Adapun, kamera Find X2 hanya berupa kamera telefoto 13 MP yang mendukung zoom hingga 5x hybrid zoom dan 20x digital zoom.
5. Sertifikat
Sertifikat IP68 Baik Find X2 dan Find X2 Pro sama-sama dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass pada bagian layar. Tapi hanya Find X2 Pro saja yang mengantongi sertifikasi IP68. Itu artinya, versi ini lebih aman akan debu dan percikan air dibanding Find X2 biasa.
6. Baterai dan Fast Charging
Di atas kertas, Find X2 Pro mempunyai baterai dengan kapasitas yang lebih besar yakni 4.260 mAh, sementara Find X2 4.200 mAh. Berbeda tapi angkanya tidak signifikan. Adanya fast charging SuperVOOC.2.0 dengan daya 65 watt pada kedua smartphone itu, membuat proses isi ulang menjadi sangat cepat, yaitu bisa terisi dalam waktu 38 menit saja dari kondisi kosong.

7. Warna Tea Orange Hanya untuk Seri Pro
Perbedaan terakhir antara Find X2 dan Find X2 Pro ada pada pilihan warnanya. Untuk seri Find X2 OPPO menyediakan opsi warna Black dengan bahan keramik dan Ocean dengan lapisan kaca. Sementara untuk Find X2 Pro, Anda bisa memilih antara Tea Orange berbahan Vegan Leather dan Black berbahan keramik. Tinggal sesuaikan dengan selera Anda.
Well, ternyata banyak juga ya perbedaan dari Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro. Untuk mempermudah, kamu juga bisa melihat informasi singkat dan detailnya pada tabel berikut:
Oppo Find X2
CPU: Qualcomm Snapdragon 865 (Adreno 650)
RAM: 12 GB LPDDR5
ROM: 256 GB UFS 3.0
Layar: AMOLED 6,7 inci QHD+, 3168x1440 pixel, HDR10, aspek rasio 20:9, refresh rate 120 Hz, Corning Gorilla Glass 6
Kamera Belakang: 48 MP (f/1.7, wide, OIS), 12 MP (f/2.2, ultrawide), dan 13 MP (f/2.4, telephoto)
Kamera Depan: 32 MP (f/2.4, wide)
OS: Android 10.0, ColorOS 7.1
Baterai: 4.200 mAh non-removeable, fast charging SuperVOOC 2.0 60 W
SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Konektivitas: USB Type-C 3.1 reversible connector, USB On-The-Go, Wi-Fi 802.11, fingerprint (side-mounted), NFC, Jack audio 3,5 mm
Oppo Find X2 Pro
CPU: Qualcomm Snapdragon 865 (Adreno 650)
RAM: 12 GB LPDDR5
ROM: 512 GB UFS 3.0
Layar: AMOLED 6,7 inci QHD+, 3168x1440 pixel, HDR10, aspek rasio 20:9, refresh rate 120 Hz, Corning Gorilla Glass 6
Kamera Belakang: 48 MP (f/1.7, wide, OIS), 48 MP (f/2.2, ultrawide), dan 13 MP (f/2.4, telephoto/macro, OIS)
Kamera Depan: 32 MP (f/2.4, wide)
OS: Android 10.0, ColorOS 7.1
Baterai: 4.260 mAh non-removeable, fast charging SuperVOOC 2.0 60 W
SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Konektivitas: USB Type-C 3.1 reversible connector, USB On-The-Go, Wi-Fi 802.11, fingerprint (side-mounted), NFC, Jack audio 3,5 mm
Semoga informasi ini bermanfaat ya!

BACA JUGA: Boomber Med Siap Dongkrak Subscribe YouTube dan Followers Instagram

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong